Selasa, 16 Oktober 2018 | 09:16 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Transportasi / Pelabuhan
Sabtu, 28 April 2018 19:30

Pelindo I-IV Diminta Rampungkan Proyek Pelabuhan Paling Lambat 2019

Translog Today
(Pelindo 1)

JAKARTA -

Kementerian BUMN menugaskan PT Pelabuhan Indonesia I-IV (Persero) merampungkan pembangunan dan pengembangan sejumlah pelabuhan di kawasan barat hingga timur Indonesia paling lambat pada 2019.

Deputi Bidang Usaha Konstruksi dan Sarana dan Prasarana Perhubungan (KSPP) Kementerian BUMN Ahmad Bambang mengungkapkan, proyek pelabuhan itu untuk memperkuat konektivitas antar-wilayah dan mendukung program Tol Laut yang dicanangkan pemerintah.

"Kementerian BUMN berkomitmen untuk mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo," katanya, Sabtu (28/4/2018).

Selain menjadi alat pemersatu, tutur Ahmad Bambang, konektivitas berdampak positif bagi perekonomian sebab bisa menurunkan biaya logistik sehingga harga barang menjadi lebih terjangkau.

Adapun rincian proyek yang dikerjakan BUMN pelabuhan tersebut, yakni Pelindo I membangun Terminal Petikemas Tanjung Pinang berkapasitas 80.000 TEUs dan Terminal Multi Purpose Kuala Tanjung berkapasitas 700.000 TEUs.

Selain itu, Terminal Petikemas Belawan Fase II dengan kapasitas 3 juta TEUs dan Terminal Petikemas Sibolga berkapasitas 50.000 TEUs. Semua proyek tersebut dijadwalkan rampung pada 2018.

Adapun, Pelindo II atau Indonesia Port Corporation (IPC) membangun Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak dengan kapasitas 1,5 juta TEUs, serta Pelabuhan Sorong di Papua yang saat ini dalam proses uji kelayakan.

Sementara itu, Pelindo III menggarap proyek perluasan Terminal Petikemas Teluk Lamong dengan kapasitas 1,5 juta TEUs dan pembangunan Pelabuhan Benoa untuk kapal pesiar berdaya tampung 5.000 penumpang.

BUMN ini juga membangun Pelabuhan dan Terminal Petikemas Gilimas, Lombok, yang dirancang memiliki kapasitas 1 juta TEUs dan 5.000 penumpang untuk kapal pesiar. Proyek-proyek ini ditargetkan akan selesai pada Mei 2019.

Pelindo III telah menyelesaikan pembangunan terminal petikemas dengan kapasitas 500.000 – 750.000 TEUs sejak 2017 di sejumlah pelabuhan, yakni Maumere, Waingapu, Kalabahi, dan Kupang.

Selanjutnya, Pelindo IV akan menggarap proyek Makassar New Port dan Pelabuhan Bitung. Makassar New Port ditargetkan rampung pada 2019.

(hlz/hlz)


Komentar