Sabtu, 17 November 2018 | 23:55 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Korporasi / Aksi Korporasi
Jumat, 04 Mei 2018 21:10

Pelindo IV akan Terbitkan Obligasi Rp5 Triliun, Ini Rencana Penggunaannya

Translog Today
(repro)

JAKARTA -

PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) berencana menerbitkan obligasi maksimal Rp5 triliun paling lambat Juni nanti untuk refinancing dan investasi pengembangan sejumlah pelabuhan dan peralatan bongkar muat.

Direktur Fasilitas dan Peralatan Pelindo IV Farid Padang mengungkapkan, dana obligasi akan diserap secara bertahap dan sesuai dengan kebutuhan agar perseroan tidak terbebani bunga pinjaman.

"Proses persiapannya sedang berjalan, Juni diharapkan bisa diluncurkan. Nantinya, tahap awal akan dipakai Rp3 triliun. Kalau itu sudah terpakai maksimal, baru kita tarik lagi Rp2 triliun," katanya, Jumat (4/5/2018).

Pada tahap awal, lanjut Faridf, dana Rp3 triliun akan digunakan untuk kebutuhan refinancing senilai Rp1,8 triliun dan sisanya Rp1,2 triliun untuk belanja modal investasi.

Dia mengklaim rencana perseroan ini sudah mendapatkan persetujuan dari Menteri BUMN Rini Soemarno.

Proyek-proyek yang akan didanai dari obligasi tersebut, yakni percepatan pembangunan Makassar New Port, pengembangan terminal peti kemas di International Hub Port (IHP) Bitung, Kendari New Port, dan Pelabuhan Pantoloan Palu.

Pendanaan dari obligasi juga termasuk untuk menambah alat bongkar muat container crane (CC) dan rubber tyred gantry (RTG) di sejumlah pelabuhan kelolaan perseroan.

Selain dana obligasi, ungkap Farid, perseroan juga menyiapkan investasi internal Rp3,4 triliun. “Investasi ini untuk mempercepat konektivitas laut demi mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia," kata Farid.

(hlz/hlz)


Komentar