Rabu, 15 Agustus 2018 | 20:29 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Transportasi / Pelabuhan
Jumat, 04 Mei 2018 16:50

Terminal Teluk Lamong Fasilitasi Forum Pelabuhan Sehat di Tanjung Perak

Ayu Puji Rahayu
(TTL/translogtoday)

SURABAYA -

Para pemangku kepentingan di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya membentuk Forum Pelabuhan Sehat, yang bertujuan meningkatkan keselamatan dan kesehatan kerja di wilayah pelabuhan tersebut.

Forum Pelabuhan Sehat yang difasilitasi oleh PT Terminal Teluk Lamong Surabaya ini dipimpin Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas 1 Surabaya dan beranggotakan berbagai instansi, yakni Otoritas Pelabuhan, Bea Cukai, Karantina, Kepolisian, serta asosiasi dan perusahaan di area pelabuhan.

Perwakilan dari berbagai instansi tersebut menandatangani Komitmen dan Surat Keputusan Pelabuhan Sehat yang digelar di halaman kantor Terminal Teluk Lamong.

Direktur Utama Terminal Teluk Lamong Surabaya Dothy mengatakan seluruh instansi dalam Forum Pelabuhan Sehat akan bekerja sama melakukan kegiatan secara konsisten dalam rangka pelaksanaan perilaku hidup bersih dan sehat.

“Terbentuknya Forum Pelabuhan Sehat ini dapat mewujudkan peningkatan keselamatan dan kesehatan kerja serta mengurangi risiko kecelakaan kerja di wilayah Pelabuhan Tanjung Perak. Upaya ini membutuhkan komitmen dari semua pihak," ujarnya di Surabaya, Jumat (4/5/2018).

Dia mengatakan pelabuhan yang aman, nyaman, bersih dan sehat merupakan tujuan yang harus dicapai sehingga pengelolaan kualitas lingkungan secara fisik dan sosial menjadi target utama. “Bukan hanya oleh Forum Pelabuhan Sehat, melainkan juga bagi seluruh masyarakat,” katanya.

5 Elemen Pelabuhan Sehat

Dothy menjelaskan, ada lima elemen Pelabuhan Sehat yang menjadi perhatian utama. Pertama, menjaga kesehatan lingkungan seperti penghijauan, penanganan sampah, limbah cair, pengelolaan dan pemantauan lingkungan, serta kantin bersih dan sehat. 

Kedua, sarana dan fasilitas yakni ketersediaan fasilitas kesehatan/klinik, toilet, sarana cuci tangan, drainase.

Ketiga, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), olahraga, daerah bebas merokok, gerakan kebersihan dan penyakit. 

Keempat, penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di kapal dan terminal, seperti sertifikasi OHSAS 18001 dan kesiapsiagaan darurat.

Kelima, keamanan dan ketertiban. Upaya pencegahan tindakan kriminal, tutur Dothy, antara lain sertifikasi ISPS Code seperti yang sudah diperoleh Terminal Teluk Lamong.

Permenkes 44/2014

Kepala Otoritas Pelabuhan Tanjung Perak Herwanto menyambut baik pembentukan Forum Pelabuhan Sehat di wilayah pelabuhan terbesar di kawasan timur Indonesia itu.

"Terbentuknya forum ini merupakan implementasi dari Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 44 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pelabuhan dan Bandar Udara Sehat," ujarnya.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas 1 Surabaya Muhammad Budi Hidayat mendorong seluruh pelabuhan dan bandar udara di wilayah kerjanya segera terbentuk forum semacam ini.

"Saat ini baru ada dua forum kesehatan yang telah terbentuk di wilayah kerja Kantor Kesehatan Pelabuhan Surabaya, yaitu di Bandara Juanda dan Pelabuhan Tanjung Perak," ungkapnya.

Dia mendorong tiga pelabuhan lainnya di wilayah kerja Kantor Kesehatan Kelas 1 Surabaya segera membentuk forum tersebut, yaitu Pelabuhan Tuban, Gresik, dan Kalianget. (hlz/hlz)


Komentar