Rabu, 15 Agustus 2018 | 20:28 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Transportasi / Pelabuhan
Senin, 07 Mei 2018 20:58

Menhub Pastikan Pelabuhan Beroperasi Normal selama Libur Panjang Lebaran

Translog Today
Menhub Budi Karya Sumadi (Kemenhub)

JAKARTA -

Kementerian Perhubungan akan memastikan pelabuhan tetap beroperasi normal selama libur panjang Lebaran tahun ini untuk melayani pengguna jasa dan masyarakat.

Hal itu ditegaskan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat jumpa pers Surat Keputusan Bersama 3 Menteri mengenai cuti bersama Lebaran di kantor Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Senin (7/5/2018).

“(Pelabuhan) tetap buka, sama seperti biasa tanpa ada pengecualian. Segala pelayanan akan dibuka seperti biasanya,” kata Menhub.

Menurut Budi, keputusan itu didukung sejumlah asosiasi karena sudah melalui proses diskusi. Untuk itu, dia akan menjelaskan secara khusus mekanisme dan operasional pelabuhan selama libur panjang Lebaran.

“Saya sudah mendapat dukungan dari asosiasi, termasuk Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI). Nanti saya akan jelaskan bagaimana mekanisme, tidak ada bedanya dengan sekarang karena semua masuk,” ujarnya.

Mudik Dipercepat 

Dalam kesempatan itu, dia juga menghimbau masyarakat agar melakukan perjalanan mudik jauh hari sebelum Lebaran agar penyebaran arus mudik tidak tertumpuk pada H-2 atau H-3 Lebaran.

“Dari riset yang kami lakukan, libur itu preferensinya dua hari dan tiga hari sebelum Lebaran. Hindari itu, lakukan sebelumnya supaya ada penyebaran yang lebih baik,” jelas Menhub.

Selain Menhub, jumpa pers itu dihadiri Menko PMK, Menteri Dalam Negeri, Menteri Kesehatan, Menteri Sosial, Menteri PAN-RB, Menteri Ketenagakerjaan, pejabat Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, Polri, dan perwakilan dari kementerian lainnya.  (hlz/hlz)


Komentar