Sabtu, 21 Juli 2018 | 22:24 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Transportasi / Angkutan Darat
Kamis, 17 Mei 2018 17:28

Kemenhub Diminta Fungsikan 20 Jembatan Timbang di Jatim

Translog Today
Bambang Haryo meninjau jembatan timbang di Troboso

JAKARTA -

Kementerian Perhubungan diminta memfungsikan 20 jembatan timbang di Jawa Timur untuk mengawasi muatan kendaraan yang melintas di wilayah itu.

"Saya minta Kemenhub supaya memfungsikan 20 jembatan timbang yang ada di Jawa Timur ini," kata Anggota Komisi V DPR RI Bambang Haryo Soekartono saat meninjau jembatan timbang di Trosobo, Sidoarjo, Jawa Timur, Rabu (16/5/2018).

Menurut dia, selama ini banyak kecelakaan terjadi salah satunya akibat kelebihan muatan yang mengakibatkan kendaraan tidak bisa dikendalikan.

"Apalagi terjadinya kekuatan tumbukan dari beban kendaraan di dalam truk sehingga kecelakaan bisa mematikan, apakah itu menabrak bangunan atau kendaraan lain yang menjadi lawannya," kata anggota Fraksi Gerindra ini.

Selain bisa menyebabkan kecelakaan, tutur Bambang Haryo, kelebihan muatan juga mempengaruhi usia jalan dan jembatan. "Buktinya sudah ada, yaitu jembatan yang ambruk di Widang Tuban dan Jember beberapa waktu lalu. Pemerintah lepas kontrol sehingga terjadi peristiwa itu," ujarnya.

Saat bertemu dengan pengurus Organda beberapa waktu lalu, Bambang mengaku juga mendapat permintaan untuk memmengfungsikan jembatan timbang tersebut.

"Hal ini untuk membantu supaya kendaraan yang dipakai sesuai dengan peruntukan muatan dan bisa terdistribusi kendaraan yang ada di bawah Organda," katanya.

Saat ini, menurut Bambang Haryo, rata-rata usia jembatan yang dibangun sejak zaman Presiden Soeharto dengan tonase 8 ton hingga 21 ton. Padahal, kapasitas muatan kendaraan sudah lebih dari itu sehingga bisa memperpendek usia infrastruktur.


Menanggapi permintaan anggota DPR RI itu, Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah Sebelas Provinsi Jatim Achmadi Zubaidy, berjanji akan meneruskannya kepada Kemenhub.

Dia juga akan meminta bantuan kepada Dinas Perhubungan Provinsi Jatim untuk menjaga jembatan timbang tersebut. (hlz/hlz)


Komentar