Minggu, 24 Juni 2018 | 22:05 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Transportasi / Bandara
Kamis, 24 Mei 2018 19:24

BIJB Kertajati dan Pelabuhan Patimban akan Diintegrasikan

Translog Today
Bandara BIJB Kertajati

MAJALENGKA - Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kabupaten Majalengka akan diintegrasikan dengan Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang untuk memudahkan pelayanan transportasi bagi dunia usaha.

Rencana itu diungkapkan Presiden Joko Widodo saat meresmikan BIJB Kertajati, Kamis (24/5/2018). Menurut dia, jarak antara BIJB dan Patimban sekitar 40 kilometer sehingga integrasi itu akan memudahkan dan memberikan pelayanan kepada investor.

Dia berharap integrasi antara bandara dan pelabuhan internasional tersebut diharapkan mendorong pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat.

Pembangunan BIJB Kertajati, tambah Jokowi, merupakan keberhasilan kerja sama pemerintah pusat dengan pemerintah provinsi serta dunia usaha swasta.

"Model bisnis seperti ini akan kita kembangkan di daerah lain, sehingga percepatan pebangunan bisa betul-betul kita rasakan," ungkap Presiden.

Melalui bandara baru itu pula, Presiden melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, selama dua hari.

Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 menjadi pesawat pertama yang mendarat di bandara dengan desain modern itu.

Upacara penyambutan dengan penyemprotan air usai pesawat mendarat atau water salute menandai pendaratan perdana pesawat terbang di bandara yang memiliki panjang landasan 2.500 meter itu.

Kementerian Perhubungan akan memperpanjang landasan menjadi 3.000 meter sehingga bandara dapat didarati oleh pesawat berbadan lebar sejenis Boeing 777 atau Airbus A330. (hlz/hlz)


Komentar