Kamis, 16 Agustus 2018 | 09:14 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Transportasi / Pelabuhan
Selasa, 29 Mei 2018 20:27

Pelindo III Siapkan Rp1,6 Triliun untuk Reklamasi Pelabuhan Tanjung Emas

Translog Today

SEMARANG -

PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) menyiapkan anggaran Rp1,6 triliun untuk proyek reklamasi Pelabuhan Tanjung Emas di wilayah Kalibaru Barat, Semarang, seluas 22 hektare.

Commercial and Operational Director Pelindo III Mohammad Iqbal mengatakan pengembangan pelabuhan itu untuk memperkuat layanan bongkar muat seiring dengan pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah yang terus meningkat sejak 2012.

Pengembangan pelabuhan itu juga untuk mendukung program tol laut, sebab Tanjung Emas masuk dalam jalur program yang didorong oleh pemerintahan Joko Widodo itu.

"Peningkatan perekonomian di Jawa Tengah tentunya menginisiasi kami untuk mengembangkan pelabuhan ini. Apalagi Tanjung Emas menjadi salah satu dari 24 pelabuhan feederbagi pelabuhan utama dan pelabuhan pengumpul dari rangkaian jalur tol laut. Dengan adanya terminal baru, proses pemindahan barang bisa dilakukan di dalam area pelabuhan," katanya, Selasa (29/5/2018).

Menurut Iqbal, proses reklamasi pelabuhan itu sudah memasuki tahap pra reklamasi. Area pelabuhan termasuk yang dilakukan reklamasi dan akan diterapkan sistem zonasi, yakni zona curah, zona peti kemas internasional, zona terminal penumpang, dan kapal pesiar (cruise).

Untuk pengembangan tersebut, Pelindo III telah mengantongi Surat Kelayakan Lingkungan Hidup Rencana Kegiatan Reklamasi (SKL) dan Izin Lingkungan (IL) yang ditetapkan pada 2017 oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

"Saat ini pengembangan terminal masih terhambat karena SKL dan IL yang dimilki Pelindo III sedang digugat. Tapi ini tidak menyurutkan niat Pelindo III untuk melanjutkan proses perizinan di Kementerian Perhubungan," kata Iqbal.
(hlz/hlz)


Komentar