Rabu, 12 Desember 2018 | 05:01 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Transportasi / Penerbangan
Sabtu, 02 Juni 2018 16:18

Direktur Sriwijaya Air Meninggal saat Sidang Penerbangan Uni Eropa

Translog Today

JAKARTA - Direktur Operasi Sriwijaya Air Capt. Lalu Mohammad Syakir meninggal dunia saat mengikuti evaluasi keselamatan penerbangan Indonesia dalam Sidang Komite Keselamatan Penerbangan Uni Eropa.

Capt. Lalu wafat saat mempertahankan performansi keselamatan penerbangan Sriwijaya Air di depan sidang Air Safety Committee European Union yang berlangsung di Brussel, Belgia, Jumat (1/6/2018).

"Beliau wafat sesaat setelah memberikan presentasi terkait keselamatan penerbangan di Sriwijaya Air di bulan Ramadhan ini. InsyaAllah beliau husnul khotimah dan diterima amal baiknya di sisi Allah SWT," ujar Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso yang memimpin delegasi Indonesia dalam sidang tersebut, Sabtu (2/6/2018).

Capt. Lalu merupakan pimpinan delegasi Sriwijaya Air yang bersama-sama dengan delegasi Indonesia lainnya, sedang berjuang untuk mencabut larangan terbang oleh UE yang berlaku sejak Juni 2007.

Almarhum memimpin tim Sriwijaya Air yang merupakan salah satu dari tiga maskapai Indonesia yang ditunjuk oleh UE untuk mempresentasikan performasinya dalam misi mencabut larangan terbang ke kawasan itu. Dua maskapai lainnya yakni Wings Air dan Susi Air.

"Capt. Lalu adalah contoh kapten pilot teladan yang dengan penuh dedikasi mengabdikan diri dalam dunia penerbangan. Ia sangat patuh terhadap perintah pimpinan utama perusahaan dan mempunyai dedikasi tinggi terhadap kebijakan perusahaan dalam mendukung misi negara," lanjut Agus.

Untuk diketahui, saat ini tim Penerbangan Nasional Indonesia sedang berupaya mencabut larangan terbang dari UE yang dievaluasi setiap tahun.

Mendapatkan kabar duka itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan turut berbelasungkawa atas wafatnya Capt. Lalu yang juga dikenal sebagai pilot senior dan teladan.

"Semoga almarhum mendapatkan berkah husnul khotimah, diterima seluruh amal ibadahnya, dan diberikan tempat yang terbaik di sisi Allah SWT," ucap Menhub.

Menhub telah memberikan mandat kepada Dirjen Perhubungan Udara sebagai pimpinan delegasi dan regulator untuk memperjuangkan pelepasan larangan terbang UE yang berlaku sejak 11 tahun lalu atau Juni 2007. (hlz/hlz)


Komentar