Minggu, 24 Juni 2018 | 22:06 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Transportasi / Pelabuhan
Kamis, 07 Juni 2018 11:10

Pelindo II Incar Kargo Transshipment 800.000 TEUs

Ire Djafar
Direktur Utama Pelindo II Elvyn G Masasya (Translogtoday)

JAKARTA -

PT Pelabuhan Indonesia II (Persero)/IPC optimistis volume bongkar muat (troughput) kargo transshipment di Pelabuhan Tanjung Priok pada 2018 mencapai 800.000 TEUs, meningkat dua kali dari tahun lalu sekitar 400.000 TEUs.

Hal itu diungkapkan Direktur Utama Pelindo II Elvyn G Masasya dalam acara silaturahmi dan buka puasa bersama Direksi dan Komisaris yang diselenggarakan Cabang Pelabuhan Tanjung Priok, Rabu (6/6/2018).

Elvyn menegaskan program transshipment merupakan penugasan Presiden Joko Widodo agar Pelabuhan Tanjung Priok mampu melakukan ekspor impor langsung ke negara tujuan tanpa transit di Singapura.

Karena itu, transshipment yang kini dilakukan Pelindo II sama sekali tidak dimaksudkan mengambil ‘kue' kargo Pelindo I, III, atau IV.

Masalah kemacetan

Menyinggung masalah kepadatan lalu lintas di jalan raya menuju pelabuhan beberapa pekan lalu, Elvyn yakin persoalan tersebut segera tuntas.

Penyediaan lapangan parkir (buffer area) di dalam kawasan pelabuhan merupakan salah satu solusi yang dilakukan pengelola pelabuhan.

Adapun keluhan pengusaha dan pengemudi truk mengenai tingginya tarif tol Tanjung Priok sehingga menyebabkan kendaraan menumpuk di jalur arteri, Elvyn menegaskan itu menjadi kewenangan pengelola jalan tol.

Dia berharap persoalan tarif tol bisa dicarikan jalan keluarnya sehingga truk yang menuju atau dari pelabuhan bisa menggunakan akses tol Priok.

Dalam kesempatan tersebut, Elvyn juga menyampaikan terima kasih atas dukungan dan kerja sama yang baik dari semua pihak selama ini kepada Pelindo II.

Elvyn menegaskan Pelindo II terus berkomitmen meningkatkan pelayanan kepada para pengguna jasa. Karena itu, pihaknya selalu membuka diri dalam menerima masukan perbaikan layanan menjadi lebih baik lagi.

"Kami ingin menjadikan Pelindo II sebagai perusahaan yang reputable dan berkah. Pelindo II adalah kita. Kita adalah Pelindo II," ungkap Elvyn. (hlz/hlz)


Komentar