Minggu, 24 Juni 2018 | 21:52 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Transportasi / Pelabuhan
Jumat, 08 Juni 2018 22:56

Pelindo I dan II Bersinergi Kembangkan Pelabuhan Batu Ampar Batam

Translog Today

JAKARTA -

PT Pelabuhan Indonesia I dan II (Persero) bersinergi mengelola Pelabuhan Batu Ampar untuk mengembangkan potensi bisnis kepelabuhanan bertaraf internasional di Batam, Kepulauan Riau.

Sinergi kedua BUMN kepelabuhanan itu diwujudkan melalui penandatanganan nota kesepahaman oleh Direktur Utama Pelindo II Elvyn G Masassya dan Direktur Utama Pelindo I Bambang Eka Cahyana.

"Kerja sama ini menjadi dasar kesepakatan dan komitmen dalam penyiapan kerja sama operasi pengelolaan Pelabuhan Batu Ampar beserta area pendukungnya di Batam," katanya seusai menandatangani nota kesepahaman di Jakarta, Jumat (8/6/2018) malam.

Dalam kerja sama itu, Pelindo II akan menyediakan alat-alat, seperti kontainer dan crane untuk mendukung operasional Pelabuhan Batu Ampar.

Dia berharap kolaborasi itu didukung oleh BP Batam, sehingga memberikan kontribusi positif bagi pengembangan kepelabuhanan di Batam, khususnya Pelabuhan Batu Ampar.

Menurut Elvyn, Batam sangat strategis karena terletak dalam jalur pelayaran internasional dengan salah satu rute tersibuk di antara Selat Malaka dan Singapura.

Dengan kerja sama tersebut, Elvyn berharap pendapatan perusahaan juga akan meningkat karena throughputbertambah.“Akan ada throughput, ada share revenuedari Pelindo I dan II,” ujarnya.

Direktur Utama Pelindo I Bambang Eka Cahyana menargetkan kapasitas Pelabuhan Batu Ampar meningkat dari 450.000 TEUs menjadi 1 juta TEUs dengan adanya kerja sama itu."Paling lama 3 tahun tumbuh minimal 20%," ujarnya.

Kerja sama tersebut akan dimulai Agustus tahun ini, terutama untuk kegiatan bongkar muat peti kemas.

“Kerja sama ini juga untuk mensinergikan sumber daya yang dimiliki masing-masing pihak dalam rangka sinergi BUMN, dengan tetap memperhatikan prinsip kelayakan dan saling menguntungkan,” kata Bambang. (hlz/hlz)


Komentar