Minggu, 24 Juni 2018 | 21:52 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Regulasi / Transportasi
Sabtu, 09 Juni 2018 13:52

Anggota Komisi V DPR Bambang Haryo Sidak Pelayanan Mudik di Batam

Translog Today
Bambang Haryo sidak Posko Mudik di Bandara Hang Nadim Batam (Translogtoday)

BATAM - Anggota Komisi V DPR RI Bambang Haryo Soekartono melakukan kunjungan kerja ke Batam, Kepulauan Riau, untuk meninjau kesiapan pelayanan mudik Lebaran 2018 di kota perbatasan dengan Singapura itu.

Dalam kunjungannya, Bambang Haryo meninjau pelayanan Posko Mudik Lebaran di Bandara Hang Nadim, pemberangkatan mudik gratis di Pelabuhan Batu Ampar, dan pelayanan tenaga kerja Indonesia (TKI) di Pelabuhan Ferry Sekupang.

Dia mengapresiasi pelayanan mudik di Batam, meskipun masih ditemui beberapa masalah dan kekurangan dalam pelayanan yang mengurangi kenyamanan pemudik.

sidak mudik gratis batam

Saat meninjau pemberangkatan mudik gratis di Pelabuhan Batu Ampar, Bambang mengkritisi lokasi kumpul pemudik yang kurang nyaman karena berada di terminal petikemas. Selain itu, pemberangkatan kapal Pelni mundur beberapa jam dari jadwal.

"Saat itu kapal Pelni terlambat 4 jam dari jadwal pukul 10.00. Tenda tempat menunggu calon pemudik juga kurang nyaman dan panas sehingga bisa mengganggu kesehatan mereka," katanya, Sabtu (9/6/2018).

Program mudik gratis yang digelar Pelindo, Inalum dan Pemprov Kepri itu memberangkatan sekitar 3.670 pemudik melalui TPK Pelabuhan Batu Ampar. Pemberangkatan mudik gratis pertama di Batam itu dihadiri oleh Gubernur Kepri.

Beberapa calon pemudik yang ditanya langsung oleh Bambang Haryo mengharapkan program mudik gratis dilanjutkan dan pelayanannya agar terus ditingkatkan.

BHS di batam

Saat sidaknya ke Bandara Hang Nadim, anggota Fraksi Gerindra DPR ini tidak menemukan anggota Basarnas dalam tim Posko Mudik. Menurut dia, tim Basarnas juga tidak ada di beberapa titik arus mudik lain, seperti bandara dan pelabuhan.

"Seharusnya, Badan SAR masuk dalam setiap tim Posko Mudik. Mereka juga harus bersiaga, jangan hanya bergerak ketika ada masalah atau kejadian," tegasnya.

Di Pelabuhan Ferry Sekupang, Bambang Haryo menilai pelayanan terhadap TKI sudah baik dan layak. Para TKI yang akan mudik ke kampung halamannya masing-masing tidak menemukan masalah berarti. "Pelayanan Imigrasi bagus, fasilitas pelabuhan juga layak," ujar Bambang. (hlz/hlz)


Komentar