Kamis, 22 November 2018 | 17:18 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Transportasi / Pelayaran
Selasa, 26 Juni 2018 17:40

Jacques R. Saade, Pendiri CMA CGM Meninggal Dunia

Ire Djafar
Jacques R. Saade (CMA CGM)

JAKARTA -

Dunia pelayaran internasional kehilangan seorang tokoh visioner, Jacques R. Saade (81 tahun). Pendiri salah satu perusahaan pelayaran terbesar di dunia asal Prancis CMA CGM ini meninggal dunia pada Minggu (24/6/2018).

Jacques R. Saade dianggap sebagai pengusaha luar biasa karena berhasil menjadikan CMA CGM sebagai salah satu pionir industri transportasi laut dengan menggunakan kontainer.

Dia juga berhasil mengembangkan jaringan perusahaan hingga lebih dari 160 negara, sambil mempertahankan dimensi tradisi keluarga dalam meningkatkan nilai-nilai perusahaan.

"Manajemen menyatakan duka cita yang mendalam atas kepergian tokoh senior yang mengabdikan seluruh hidupnya pada perusahaan," tulis CMA CGM dalam rilis resminya.

Jacques R. Saade mendirikan Compagnie Maritime d'Affretement (CMA) pada 1978 sebagai langkah antisipasi pertumbuhan perdagangan dunia.

CMA mulai beroperasi dengan empat karyawan, satu kapal dan hanya satu layanan maritim antara Marseilles dan Beirut.

Tahun 1983 menjadi tonggak penting karena untuk pertama kali Jacques R. mengirim kapal pertamanya di luar Mediterania dan transit di Terusan Suez. Selanjutnya, pada 1986 CMA kembali meluncurkan layanan yang menghubungkan Eropa Utara ke Asia.

Pada 1992, Jacques R. Saade membuka kantor cabang pertama CMA di Shanghai, yang dilandasi keyakinan bahwa China akan menjadi pusat industri dunia.

Akuisisi CGM

Proses akuisi sejumlah perusahaan pelayaran yakni CGM pada 1986, ANL pada 1998 dan Delmas pada 2005 menjadi bagian dari strategi perusahaan meningkatkan layanan ke seluruh dunia.

Jacques R. Saade juga membiayai pembangunan CMA CGM Tower di Marseilles pada 2006 yang merupakan markas besar baru grup perusahaan pelayaran tersebut.

Gedung CMA CGM kini menjadi simbol dari kota Marseilles. Atas keberhasilannya itu, dia menerima banyak penghargaan antara lain gelar Doktor Kehormatan dari Universitas Amerika di Lebanon dan Orde Nasional Lebanon dari Cedar pada 2013.

Pada 2015, Jacques R. Saade mendapat gelar Komandan Legiun Kehormatan Prancis oleh Presiden Prancis. Tahun berikutnya, dia diangkat menjadi Komandan the Ordre National du Mérite Maritime.

Saat ulang tahun ke-80 pada 2017, Jacques R. Saade menunjuk putranya yaitu Rodolphe Saade sebagai Direktur Eksekutif CMA CGM Group.

Pada tahun yang sama yakni 24 November, dia kemudian mengangkat Rodolphe Saade sebagai Ketua Dewan Direksi grup perusahaan tersebut. (hlz/hlz)


Komentar