Jumat, 20 Juli 2018 | 11:54 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Transportasi / Pelabuhan
Jumat, 29 Juni 2018 16:05

Kemenhub: 5 Pelabuhan Siap Terapkan Inaportnet dan DO Online

Ayu Puji
(Kemenhub)

JAKARTA -

Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan menggelar sosialisasi kepada stakeholder kepelabuhanan menjelang Go Live Penerapan Inaportnet Barang dan Delivery Order (DO) Online di 4 pelabuhan utama dan 1 pelabuhan kelas I pada Jumat (29/8/2018).

Sosialisasi ini untuk memberikan informasi dan kesiapan penerapan DO Online, khususnya di pelabuhan tersebut, sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 120 Tahun 2017 tentang Pelayanan Pengiriman Pesanan Secara Elektronik (DO Online) Untuk Barang Impor di Pelabuhan.

"Sosialisasi ini terkait penerapan aplikasi Inaportnet dan DO Online di Pelabuhan Tanjung Priok, Pelabuhan Belawan, Pelabuhan Tanjung Perak, dan Pelabuhan Makassar, serta pelabuhan kelas I yaitu Pelabuhan Tanjung Emas,” kata Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Chandra Irawan saat acara sosialisasi di Jakarta, Kamis (28/6/2018).

Dia berharap penerapan Inaportnet dan DO Online di pelabuhan-pelabuhan berjalan dengan lancar dan efektif, dengan terus bersama-sama melakukan koordinasi dan evaluasi, serta penyempurnaan.

“Dengan sistem Inaportnet barang dan DO Online, pengguna jasa dapat melakukan tracking dan tracing posisi kapal serta pergerakan kontainer sehingga dapat meningkatkan transparansi kinerja pelayanan, sekaligus menyederhanakan prosedur pelayanan menjadi lebih cepat dan murah yang pada akhirnya menurunkan biaya logistik di pelabuhan,” kata Chandra.

Selain pengarahan dan live demo Dashboard Inaportnet Barang dan DO Online dari Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Laut, terminal pelabuhan tersebut juga memberikan pemaparan mengenai penggunaan aplikasi DO Online di terminal masing-masing.

Paparan antara lain dari PT Pelabuhan Tanjung Priok, PT Terminal Peti Kemas Surabaya, PT Belawan International Container Terminal (BICT), PT Terminal Petikemas Makassar, PT Terminal Petikemas Semarang dan PT Terminal Petikemas Teluk Lamong.

Sosialisasi itu antara lain diikuti oleh perwakilan dari UPT di 4 pelabuhan utama dan Pelabuhan Tanjung Emas, PT Pelindo I-IV, operator terminal petikemas, perusahaan pelayaran, asosiasi, dan stakeholder terkait. (hlz/hlz)


Komentar