Selasa, 25 September 2018 | 10:36 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Transportasi / Pelabuhan
Kamis, 05 Juli 2018 19:36

Pelabuhan Tanjung Priok Terapkan Kartu Elektronik untuk Akses Masuk

Ire Djafar

JAKARTA -

Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta mulai menerapkan akses masuk ke dalam pelabuhan menggunakan kartu elektronik atau e-smart card, untuk menjaga ketertiban dan membatasi masuknya orang-orang yang tidak berkepentingan.

Pelindo II Cabang Tanjung Priok telah membagikan 12.000 kartu kepada para stakeholderuntuk akses untuk masuk ke dalam pelabuhan, baik lewat Pos 1 maupun Pos 9. E-smart card itu dibagikan kepada karyawan yang berkantor di pelabuhan, langganan, dan lainnya.

General Manager Pelindo II Cabang Tanjung Priok Mulyadi menjelaskan, kartu tersebut berlaku untuk kendaraan, baik truk, kendaraan pribadi, maupun sepeda motor. Pada tahap awal, kartu akan diuji coba hingga dua pekan ke depan, sebelum diterapkan secara penuh.

“Sebenarnya penggunaan kartu itu hanya memindahkan dari yang tadinya manual, sekarang gunakan kartu, tarifnya tak ada perubahan. Untuk truk tarifnya Rp10.000, mobil pribadi Rp5.000, dan motor Rp3.000," kata Mulyadi saat uji coba penerapan e-smart card di Gate 9 Pelabuhan Tanjung Priok, Kamis (5/7/2018).

Menurut Mulyadi, penggunaan kartu elektronik tersebut bertujuan menjaga ketertiban dan membatasi masuknya orang-orang yang tidak berkepentingan yang selama ini bisa dengan bebas keluar masuk pelabuhan.

“Ke depan penggunaan kartu ini akan di-link ke terminal-terminal lain di Pelabuhan Tanjung Priok,” ungkapnya.

Kepala Kanwil BNI Jakarta Kota Yessi Kurnia mengatakan kartu elektronik yang bekerja sama dengan Bank BNI ini sekaligus mengedukasi masyarakat supaya mengurangi transaksi tunai. “Juga untuk transparansi, apalagi kartu ini bisa digunakan untuk berbelanja di sejumlah tempat,” ujarnya. (hlz/hlz)


Komentar