Selasa, 25 September 2018 | 09:47 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Regulasi / Maritim
Selasa, 10 Juli 2018 15:46

Pengukuran, Pendaftaran dan Kebangsaan Kapal Kini Bisa Diurus Lewat e-Mail

Translog Today

JAKARTA -

Pengguna jasa yang ingin mengajukan layanan pengukuran, pendaftaran dan kebangsaan kapal tidak perlu repot-repot lagi. Perizinan itu kini dapat diajukan melalui email pelayanan-subditppk@dephub.go.id.

Layanan baru itu melengkapai perizinan melalui Pelayanan Terpadu Satu Atap di Kementerian Perhubungan seperti berjalan selama ini. Terobosan ini diharapkan mempermudah dan mempercepat layanan perizinan, sekaligus untuk transparansi dan mengurangi tatap muka.

Ketentuan baru itu tertuang dalam Surat Edaran Nomor UM.003/14/7/DK-18 tentang Penerimaan Permohonan Layanan Pengukuran, Pendaftaran dan Kebangsaan Kapal pada Subdit Pengukuran, Pendaftaran dan Kebangsaan Kapal Ditkapel Melalui Email yang diterbitkan pada 29 Juni 2018.

Direktur Perkapalan dan Kepelautan Dwi Budi Sutrisno menjelaskan, permohonan layanan sudah dapat dilakukan langsung dari kediaman/kantor dimana pemohon berada, cukup dengan mengirimkan dokumen melalui email.

"Saat mengajukan permohonan, siapkan dokumen permohonan disertai dokumen pendukung sesuai jenis layanan yang dibutuhkan dalam bentuk softcopy dengan ukuran maksimum dokumen yang dapat dilampirkan sebesar 6 Megabyte (MB)," jelas Dwi dalam keterangan Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub, Selasa (10/7/2018).

Berikut ini daftar layanan yang dapat diajukan melalui email dengan melampirkan dokumen persyaratan yang telah ditentukan:

1. Layanan Pembuatan Akta Hipotik

2. Layanan Penghapusan Kapal (Deletion) dari Data Kapal Indonesia 

3. Layanan Ganti Nama Kapal

4. Layanan Penggunaan Bendera Kapal Lelang

5. Layanan Penerbitan Surat Laut

6. Layanan Penggunaan Bendera

7. Layanan Penggantian Bendera

8. Layanan Pembuatan Tanda Panggilan (Call Sign)

9. Layanan Pembuatan Dokumen Riwayat Kapal 

10. Layanan Pembuatan Roya Hipotik

11. Layanan Pembuatan Surat Keterangan Status Hukum Kapal

12. Layanan Pembuatan Surat Ukur Sementara

13. Layanan Pengesahan Daftar Ukur

Selain itu, Direktorat Perkapalan dan Kepelautan Ditjen Hubla juga menerbitkan Surat Edaran Nomor UM.003/14/8/DK-18 tentang Penerimaan Konsultasi Melalui Email tertanggal 29 Juni 2018.

Dalam surat edaran disebutkan, pengguna jasa yang ingin melakukan konsultasi khususnya terkait pelayanan pengukuran, pendaftaran dan kebangsaan kapal dapat langsung mengirimkan email ke alamat helpdesk-subditppk@dephub.go.id.

Email konsultasi yang masuk melalui email ini akan direspons paling lambat 1x24 jam hari kerja. (hlz/hlz)


Komentar