Sabtu, 17 November 2018 | 23:58 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Transportasi / Pelabuhan
Rabu, 11 Juli 2018 08:51

Pelabuhan Teluk Bayur Gandeng PD PAM Padang Pasok Air Bersih ke Kapal

Aidikar M. Saidi
Dirut PD PAM Padang H. Edward (kiri) dan Armen Amir (Translogtoday/ams)

PADANG -

Pelabuhan Teluk Bayur menggandeng PD PAM (Perusahaan Daerah Penyediaan Air Minum) Kota Padang guna meningkatkan pelayanan air bersih untuk kebutuhan kapal yang menyinggahi pelabuhan tersibuk di Sumatera Barat.

PT Pelabuhan Indonesia II Cabang Teluk Bayur melalui kerja sama itu akan menjual air bersih siap minum ke kapal dan prospek itu diharapkan bisa meraup devisa bila dijual ke kapal asing.

Untuk merealisasikan hal tersebut, telah dilakukan memorandum of understanding (MoU) antara Kepala Cabang Pelindo II Teluk Bayur Armen Amir dan Direktur Utama PD PAM Kota Padang H. Edwar di Padang, Selasa (10/7/2018).

MoU dilakukan bersamaan dengan acara silaturahmi Idul Fitri 1439 H bersama pelaku usaha logistik di Pelabuhan Teluk Bayur dan pejabat daerah di Sumbar.

Menurut Armen Amir, pihaknya merangkul pemerintah daerah untuk mengoptimalkan fasilitas pelabuhan guna mewujudkan visi ‘Teluk Bayur Bangkit.’

“Pelabuhan yang kini disebut dengan nama Teluk Bayur Bangkit, dimaksudkan untuk bangkit menuju pelabuhan terkemuka di Indonesia,” ujarnya.

Pelabuhan tertua di Indonesia setelah Pelabuhan Sunda Kelapa Jakarta ini dibangun oleh Pemerintah Kolonial Belanda pada 1858. 

“Pelabuhan yang semula diberi nama oleh Ratu Belanda Emma Hevan ini ingin bangkit kembali untuk mencapai kejayaan melebihi masa lalu,” kata Armen.

Dia mengatakan Pelabuhan Teluk Bayur memiliki panjang dermaga 1,4 km itu diharapkan bisa sejajar dengan pelabuhan lain di Indonesia pada 2020.

Pelabuhan Teluk Bayur juga mempersiapkan peningkatan kapasitas dengan menggunakan pelayanan berbasis teknologi informasi atau online secara nasional. 

Armen yang sebelumnya pemimpin Pelabuhan Banten Hebat, tidak sampai satu tahun berhasil menjadikan pelabuhan itu menerapkan pelayanan berbasis online.

Menurut Armen, Pelindo II juga berkerja sama dengan pemda akan membangun pusat informasi maritim di Pelabuhan Muara Padang. (hlz/hlz)


Komentar