Senin, 22 Oktober 2018 | 12:30 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Transportasi / Pelayaran
Jumat, 27 Juli 2018 14:39

Hindari Kecelakaan, Regulator dan Operator harus Patuhi Aturan Penyeberangan

Translog Today
Rakernas Gapasdap di Lombok, 25-27 Juli 2018 (Gapasdap)

JAKARTA - Seperti yang sudah dijanjikan, Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Gabungan Pengusaha Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (Gapasdap) menyoroti masalah keselamatan pelayaran menyusul meningkatnya angka kecelakaan di Indonesia.

Benar saja, salah satu rekomendasi Rakernas Gapasdap yang laksanakan di Lombok, Nusa Tenggara Barat pada 25-27 Juli 2018 adalah mendesak operator dan regulator untuk mematuhi aturan dan perundang-undangan di bidang angkutan laut maupun angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan di Indonesia.

Dalam rekomendasi tersebut,Gapasdap menyampaikan keprihatinannya serta turut berduka dengan adanya beberapa musibah kecelakaan pada sektor angkutan penyeberangan di Indonesia dalam kurun waktu yang hampir berdekatan selama dua bulan terakhir.

"Kami turut berdoa dan menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada pahlawan sektor angkutan sungai, danau, dan penyeberangan (SDP) yang gugur dalam menjalankan tugas sebagai pelayan publik dan penumpang yang turut menjadi korban dalam musibah tersebut," tulis Rekomendasi Rakernas Gapasdap yang diterima www.translogtoday.com.

Menurut Gapasdap, pelajaran mahal dari musibah tersebut adalah betapa pentingnya untuk selalu mematuhi dan menjalankan semua aturan keselamatan pelayaran bagi semua pemangku kepentingan penyeberangan.

Bukan hanya anggota Gapasdap selaku operator pelayaran, tetapi yang lebih penting adalah regulator atau Pemerintah sebagai pembuat dan penegak aturan keselamatan pelayaran yang harus selalu hadir guna meminimalkan peluang terjadinya musibah penyeberangan.

Menurut Gapasdap, unsur operator harus selalu mematuhi semua aturan keselamatan pelayaran yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Sedangkan unsur regulator harus lebih ketat dalam memeriksa dan memastikan sejumlah hal penting yakni:

Pertama, infrastruktur pelabuhan penyeberangan memenuhi Standard untuk keselamatan pelayaran.

Kedua, semua kapal penyeberangan telah mematuhi dan memenuhi semua aturan keselamatan pelayaran pada kapal penyeberangan di seluruh Indonesia. (aji/hlz)


Komentar