Selasa, 16 Oktober 2018 | 19:12 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Transportasi / Pelabuhan
Kamis, 02 Agustus 2018 11:54

Pelayaran Lirik Potensi Baru di Pelabuhan Talang Duku Jambi

Aidikar M. Saidi
(Translogtoday/ams)

JAMBI -

Perusahaan pelayaran mulai melirik Pelabuhan Talang Duku Jambi untuk membuka rute baru angkutan petikemas melalui pengapalan tongkang.

Ketertarikan pelayaran menyusul adanya prospek muatan petikemas ekspor untuk komoditas tertentu yang tumbuh melalui transhipment dari Jambi ke Singapura.

Meskipun perusahaan pelayaran menggunakan angkutan tongkang untuk pemuatan petikemas di Pelabuhan Talang Duku Jambi, hal tersebut tidak mengurangi minat perusahaan pelayaran untuk membuka rute baru Jakarta-Jambi-Singapura.

Manager Area PT IPC Terminal Petikemas (IPC TPK) Jambi Agustian Chandra menuturkan perusahaan pelayaran lokal yang segera membuka rute  Jakarta-Jambi-Singapura yakni PT Nelly Dwi Putri yang rencananya memulai operasi pada 6 Agustus 2018.

Sebelumnya, sudah ada tiga perusahaan pelayaran yang secara reguler masuk setiap pekan ke Talang Duku Jambi, yakni PT Armada Maritim Nusantara (sub agen CMA-CGM). PT Pelayaran Sukses Sindo Damai dan PT Sabang Raya Logistik. 

Perusahaan pelayaran itu mengoperasikan tongkang dengan kapasitas kurang lebih 200 TEUs, menyesuaikan dengan safety clearence jembatan di wilayah Jambi dan kedalaman alur perairannya, adapun frekuensi kedatangan tongkang mencapai 14 call per bulan.

Menurut Agustian, 70% arus petikemas di TPK Talang Duku Jambi adalah petikemas ocean going atau untuk tujuan ekspor impor. Proporsinya yaitu 63% untuk komoditas karet, pinang 19%, kelapa 3%, 15 % sisanya kayu lapis dan moulding.

Andalan Ekspor

Komoditas ekspor andalan yang dikapalkan menggunakan angkutan petikemas di Pelabuhan Talang Duku Jambi adalah karet, pinang dan kelapa bulat. Adapun petikemas yang berasal dari Jakarta berupa barang kebutuhan pokok dan barang perdagangan domestik.

Di samping itu, dalam 3 bulan terakhir, terdapat penambahan ekspor karet melalui petikemas di Pelabuhan Jambi dari PT Star Rubber yang berlokasi di Kabupaten Muaro Bungo Jambi.

Dia mengungkapkan, pada semester pertama 2018 kinerja Pelabuhan Jambi meningkat 9% dibandingkan dengan periode yang sama 2017, demikian pula Target Kerja Perusahaan (TKP) melampui target 2%. 

Selama semester pertama 2018, arus petikemas tercatat 23.147 TEUs atau meningkat dari periode yang sama 2017 sebanyak 21.511 TEUs.

Melihat potensi Pelabuhan Talang Duku Jambi, IPC TPK area Jambi sedang berproses melakukan sinergi dengan perusahaan pelayaran untuk melakukan survei pasar langsung, agar pengapalan ekspor melalui Jambi terus tumbuh dan berkembang. 

"Sekaligus memperkenalkan kepada cargo owner bahwa di Jambi ada terminal petikemas yang dapat mengapalkan ekspor menggunakan petikemas," ujarnya. (hlz/hlz)


Komentar