Senin, 22 Oktober 2018 | 12:11 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Transportasi / Pelabuhan
Jumat, 03 Agustus 2018 17:42

Tingkatkan Keselamatan Kerja Vendor, PTP Gelar Pelatihan CSMS

Ire Djafar

JAKARTA -

PT Pelabuhan Tanjung Priok (PTP) menggelar pelatihan Contractor Safety Management System (CSMS) untuk memberikan pedoman mengenai Kesehatan Keselamatan Kerja dan Lindung Lingkungan (K3LL) sesuai standar.

Pelatihan itu diharapkan meningkatkan kesadaran K3LL kepada penyedia barang/jasa (vendor) atau konraktor, sehingga kegiatan operasional dan non-operasional berjalan dengan lancar dan menekan risiko terjadinya kecelakaan saat bekerja.

Dalam pelatihan CSMS ini, peserta diberikan bekal informasi tentang cara menerapkan CSMS bagi para vendor, berdasarkan referensi S.K NO. KEP-0074/SKKO0000/2016/S0 Standarsiasi K3LL Kontraktor Kontrak Kerjasama terhadap penyedia Barang/Jasa.

Pserta pelatihan tersebut terdiri dari internal dari sejumlah divisi kerja lingkungan PTP. PTP selaku user diharapkan saat memberikan pekerjaan atau tugas kepada vendor dapat mengikuti standar CSMS yang telah disepakati.

Pada pelatihan ini, PTP mengundang Ferdianto Rukmana selaku narasumber dari Premysis yang merupakan konsultan K3LL PTP.

"Sebagai user, tentu harus memberikan standarisasi CSMS kepada vendor, sejak tahap perencanaan kerja sampai pelaksanaan pekerjaan," kata Ferdianto saat paparannya kepada peserta pelatihan di Ruang VIP Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (3/8/2018).

Dia juga menjelaskan bahwa pelaksanaan CSMS ini menjadi acuan bagi user dalam pelaksanaan kualifikasi K3LL dalam proses pengadaan barang/jasa, agar saat melakukan pekerjaan dapat meminimalkan risiko kecelakaan kerja.

Agoes Soeryanto, VP Pengendalian Kinerja PTP, saat memberikan sambutan pada pelatihan itu, mengungkapkan bahwa pelatihan ini sangat penting untuk menghindari resiko kecelakaan pada saat bekerja.

"Tujuan dari pelatihan ini agar kita selaku user dapat menginformasikan terkait CSMS kepada vendor, agar tidak terjadi kecelakaan saat bekerja, sehingga target perusahaan Zero Accident pada 2018 ini dapat tercapai," kata Agoes. (hlz/hlz)


Komentar