Selasa, 16 Oktober 2018 | 19:38 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Transportasi / Pelayaran
Selasa, 07 Agustus 2018 11:54

Operator Penyeberangan Swasta Merak-Bakauheni Siap Isi Dermaga Eksekutif

Translog Today
Syahwin Hamid (tularji)

JAKARTA - Operator kapal penyeberangan swasta di lintas Merak-Bakauheni siap mengisi dermaga eksekutif yang menurut rencana akan segera dioperasikan untuk menyambut perhelatan Asian Games 2018.

Ketua bidang Kepelabuhanan, Kenavigasian dan Keselamatan Gabungan Pengusaha Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (Gaoasdap) Syahwin Hamid mengatakan sejumlah kapal di Merak-Bakauheni sangat memenuhi syarat untuk beroperasi di dermaga eksekutif.

Dia mengharapkan Pemerintah memberikan kesempatan kepada operator kapal swasta yang sudah beroperasi di Merak-Bakauheni untuk turut mengisi dermaga tersebut. "Kami siap. Sejumlah kapal kami sangat memenuhi syarat," katanya di Jakarta, hari ini.

Hingga kini, katanya, Pemerintah belum berkomunikasi dengan operator swasta yang kapalnya beroperasi di Merak-Bakauheni mengenai peruntukan dermaga eksekutif. Akan tetapi, Gapasdap menilai kapal milik swasta yang sudah beroperasi di lintasan tersebut, tidak kalah bagusnya.

Ketua Umum DPP Gapasdap Khoiri Sutomo menjelaskan pihaknya sudah mengindentifikasi sejumlah kapal milik swasta yang layak dipilih oleh pemerintah untuk mengisi dermaga eksekutif Merak-Bakauheni. "Kami menunggu komunikasi Pemerintah kepada kami," tegasnya.

Dermaga eksekutif merupakan proyek infrastruktur nasional yang menelan nilai investasi sebesar Rp450 miliar. Proyek yang dibangun atas Joint Venture PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), PT PP (Persero) Tbk dan Patra Jasa ini akan dilengkapi kawasan terpadu dengan fasilitas hotel, taman, tempat ibadah, komersial area, dan lounge yang dapat diakses dalam satu area.

Pembangunan dermaga eksekutif juga merupakan bagian dari perencanaan dan penataan Pelabuhan Merak sebagai destinasi ekonomi dan pariwisata. Segmen penumpang kendaraan pribadi ini bakal mendapatkan pelayanan dan tarif khusus.

Saat ini, dermaga eksekutif tengah dibangun di dua lokasi berseberangan yakni di atas lahan seluas 41.803 meter persegi untuk Pelabuhan Merak (Dermaga 6), dan 48.446 meter persegi untuk Pelabuhan Bakauheni (Dermaga 7).

Hadirnya dermaga eksekutif Pelabuhan Merak dan Bakauheni ini diharapkan menjadi jawaban atas panjangnya antrean kendaraan dan penumpang yang akan menyeberang. (aji/hlz)


Komentar