Rabu, 15 Agustus 2018 | 20:30 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Korporasi / CSR
Sabtu, 11 Agustus 2018 09:25

Gelar Kampung Digital, Terminal Teluk Lamong Bangkitkan Minat Baca Warga

Ayu Puji
Peresmian Kampung Digital di Desa Karang Kiring, Gresik. (TTL/Translogtoday)

SURABAYA -

PT Terminal Teluk Lamong, pelabuhan ramah lingkungan berbasis teknologi informasi di Tanjung Perak Surabaya, menggelar program Kampung Digital di tujuh kelurahan/desa sekitar perusahaan.

Dalam kegiatan CSR ini, Terminal Teluk Lamong (TTL) bekerja sama dengan PT Telkom Tbk (Persero) melalui pemasangan delapan titik fasilitas WiFi dan Perpustakaan Digital (PaDi)

“Sebagai pelabuhan canggih dan ramah lingkungan pertama di Indonesia, Terminal Teluk Lamong memberikan fasilitas bagi warga, terutama generasi muda dengan menumbuhkan minat belajar dan membaca melalui media digital,” kata Direktur Utama TTL Dothy saat peresmian Kampung Digital di Desa Karang Kiring, Gresik, Jumat (10/8/2018).

kampung digital ttl 

Dia berharap program Kampung Digital akan membentuk digital mindset bagi masyarakat sekitar sehingga kecanggihan dan digitalisasi perusahaan dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh warga.  

TTL dan Telkom menyediakan PaDi di Kampung Digital melalui sinergi BUMN Hadir untuk Negeri bersama Balai Pustaka yang menyediakan lebih dari 1.000 judul buku dan artikel. 

Selain buku, terdapat lebih dari 600 buku kurikulum dari Kemendikbud dan ratusan bacaan ilmiah lainnya. Bacaan tersebut dapat diakses melalui handphone, komputer dan media lainnya yang dapat terkoneksi dengan internet sehingga mempermudah dan mempercepat akses belajar dan membaca bagi masyarakat.

Executive Vice President Regional V Telkom Suparwiyanto memaparkan, pihaknya telah menuntaskan misi untuk membangun 1.000 perpustakaan digital pada 2016 dan 5.000 perpustakaan digital pada 2017 diseluruh Indonesia.

Telkom Regional V yang mencakup wilayah Jawa, Bali dan Nusa Tenggara saat ini memfokuskan PaDi di wilayah Surabayadan Gresik bekerja samadengan TTL.

Saat peresmian Kampung Digital, warga diberikan tutorial penggunaan fasilitas WiFi dan PaDi. Warga diberikan kesempatan untuk membaca beberapa artikel digital melalui pendampingan dari TTL dan Telkom. 

edukasi warga

Selain itu, diadakan Kuis Digital untuk mengedukasi warga sehingga memacu kemauan belajar dan mengasah kemampuan berpikir cepat. 

Pertanyaan pada Kuis Digital mengandung unsur kepelabuhanan, teknologi dan Asian Games 2018 sebagai pertanda bahwa BUMN mendukung penuh penyelenggaraan pesta olahraga terbesar Asia itu di Indonesia.

Dalam sambutannya, Camat Kebomas Miftachul Huda mengajak warga memanfaatkan fasilitas dari TTL dan Telkom itu untuk kegiatan positif, terutama menambah ilmu pengetahuan. 

Program Kampung Digital diharapkan menumbuhkan minat baca warga Desa Karang Kiring dan enam kelurahan lainnya di wilayah Ring 1 TTLdi Surabaya dan Gresik, sehingga dapat mengembangkan pengetahuan dan kompetensi warga.

“Terminal Teluk Lamong berusaha meningkatkan kontribusi positif untuk masyarakat melalui program CSR dan sinergi BUMN Hadir untuk Negeri akan selalu berkomitmen memberikan manfaat yang besar bagi bangsa,” ungkap Dothy. (hlz/hlz)


Komentar