Sabtu, 19 September 2020 | 07:19 WIB

Visit our social media :
Home / Transportation / Shipping
Selasa, 14 Agustus 2018 12:54
Asian Games

Asian Games Belum Berdampak ke Penyeberangan Merak-Bakauheni

Translog Today
Asian Games Jakarta-Palembang (repro)

JAKARTA - Perhelatan Asian Games di dua kota yakni Jakarta dan Palembang belum berdampak terhadap kegiatan angkutan penyeberangan Merak-Bakauheni, padahal Dermaga Eksekutif yang dipersiapkan Pemerintah disebut-sebut untuk mensukseskan Asian Games.

Meskipun demikian, operator kapal penyeberangan di lintasan yang menghubungkan Jawa dan Sumatra tersebut tetap siap jika perhelatan Asian Games berdampak terhadak kenaikan arus kendaraan dan penumpang di lintas penyeberangan tersebut.

Ketua Umum Gabungan Pengusaha Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (Gapasdap) Khoiri Sutomo mengatakan sejauh ini belum ada dampak Asian Games terhadap angkutan penyeberangan di Merak-Bakauheni.

Hingga hari ini, katanya, aktivitas penyeberangan berjalan normal dan tidak ada lonjakan arus penumpang maupun kendaraan. Jumlah kapal yang beroperasi juga seperti biasa hari-hari normal. "Balum tampak dan tidak terasa," katanya.

Meskipun demikian, katanya, anggota Gapasdap telah menyiapkan sedikitnya 70 armada untuk mendukung operasional Merak-Bakauheni termasuk saat perhelatan Asian Games di Gelar.

"Kami semua anggota Gapasdap siap dengan 70 armada, setiap hari ada 30 armada operasi dan 40 sisanya siap operasi menunggu giliran bergantian dermaga," katanya.

Dia memastikan tidak ada masalah dengn jumlah dan kualitas armada karena semuanya siap sesuai dengan regulasi yang berlaku di Indonesia. "Mungkin karena terlalu banyak kapal yang operasi, dampak Asian Games belum dirasakan," ujarnya.

Perhelatan Asian Games tidak lama lagi akan digelar di Jakarta-Palembang. Untuk lintas penyeberangan Merak-Bakauheni, Pemerintah menyiapkan dermaga eksekutif yakni dermaga 6 dan 7 guna memanjakan para turis yang menyeberang dari Jawa ke Sumatra atau sebaliknya.

  (aji/hlz)


Komentar