Rabu, 14 November 2018 | 15:33 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Korporasi / CSR
Rabu, 15 Agustus 2018 09:53

IPC Ajak Siswa Mengenal Nusantara di Bangka Belitung

Ire Djafar
(IPC)

JAKARTA -

PT Pelabuhan Indonesia II (Persero)/IPC memfasilitasi 23 siswa-siswi SMA Sulawesi Tengah mengunjungi Bangka Belitung. Kegiatan ini merupakan rangkaian program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2018 BUMN Hadir Untuk Negeri, sekaligus memperingati HUT RI ke-73.

"Kunjungan pelajar pilihan tersebut ke Kepulauan Bangka Belitung untuk menanamkan rasa bangga dan cinta tanah air sejak dini. Salah satunya dengan belajar dan mengenal budaya di provinsi itu," kata Corporate Secretary IPC Shanti Puruhita dalam siaran pers, Selasa (14/8/2018).

Selain kunjungan pelajar SMA Kota Palu ke Bangka Belitung, IPC berkolaborasi dengan BUMN lainnya, yaitu Wika, Airnav dan BKI memfasilitasi kegiatan serupa di Palu, Sulawesi Tengah.

Kegiatan SMN di Palu diikuti puluhan pelajar SMA dari Bangka Belitung, yang diseleksi dan difasilitasi keberangkatannya oleh IPC.

Direktur SDM dan Hukum IPC Rizal Ariansyah menambahkan, melalui program SMN, IPC menjalankan perannya sebagai agen pemelihara semangat kebhinekaan, serta perekat rasa kebangsaan di antara generasi muda dalam menjaga persatuan dan kesatuan.

Di Kepulauan Bangka, para peserta mendapat kesempatan mengenal lebih dekat aktivitas dan proses bisnis IPC di Pelabuhan Cabang Pangkal Balam, khususnya kegiatan bongkar muat petikemas dan general cargo, curah maupun kegiatan di terminal penumpang.

Siswa-siswi juga mengikuti kegiatan Markas Komando Pangkalan TNI Angkatan Laut di Belinyu, Bangka. Mereka mendapatkan materi Tataran Dasar Bela Negara dan Kebijakan Pertahanan Negara, yang dikemas secara menarik dan interaktif.

Di sela kegiatan itu, pelajar tersebut diajak melihat keindahan bawah laut dan diperkenalkan aktivitas di laut.

Di Belitung, pelajar mengunjungi IPC Pelabuhan Tanjung Pandan dan ke lokasi pengembangan budaya dan tradisi Belitung, seperti Museum Tanjung Pandan dan Museum Rumah Tradisional Belitung.

Mereka juga mengunjungi replika SD Muhammadiyah, sekolah anak-anak Laskar Pelangi yang terkenal lewat film dan novel karya Andrea Hirata. (hlz/hlz)


Komentar