Kamis, 22 November 2018 | 17:19 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Transportasi / Galangan Kapal
Kamis, 06 September 2018 13:44

VULKAN Sebut Surabaya Sebagai Salah Satu Kota Industri Kapal

Translog Today
Anis Abdurahman (VULKAN) dan Muhammad Aziz (Iperindo) (istimewa)

JAKARTA - VULKAN, produsen coupling terkemuka asal Jerman, menyebut Surabaya, Jawa Timur, sebagai salah satu kota industri dan galangan kapal di Indonesia sehingga perusahaan tersebut menjadikan kota itu sebagai tuan rumah pertemuan user dan produsen industri pendukung kapal.

Kali ini, VULKAN bersama IPERINDO (Ikatan Perusahaan Industri Kapal dan Sarana Lepas Pantai Indonesia) mempertemukan pengguna dan produsen pada seminar Propulsion Drive Train yang digelar pada 14 Agustus 2018. Ini merupakan seminar ketiga kalinya. Dua seminar sebelumnya dilaksanakan di Jakarta.

Anis Abdurahman dari Vulkan Indonesia menegaskan pentingnya diadakan acara seperti ini untuk mempertemukan user dengan manufacturer di satu meja dan berdiskusi pada level teknis. "Ini adalah satu-satunya seminar yang berfokus pada Propulsion dan Drive Train di Asia Tenggara," katanya.

Dia menjelaskan, VULKAN sengaja menciptakan wadah diskusi di mana para manufacturer dapat memperkenalkan teknologi dan inovasi terbarunya untuk industrI perkapalan Indonesia. "Sedangkan para user dapat menyampaikan tantangan serta spesifikasi kebutuhan mereka," ujarnya.

Muhammad Aziz, Ketua Bidang Kerjasama dan Promosi IPERINDO, yang tampiL sebagai keynote speaker berbicara mengenai Arah Baru Industri Perkapalan Indonesia.

Menurut dia, industri perkapalan sudah waktunya mengembangkan sayap dengan memanfaatkan pasar di luar negeri. "Pasar dalam negeri sudah jenuh," katanya.

Selain IPERINDO, VULKAN menampilkan produsen engine yang diwakili Cummins Asia Pasific. Eugene Chan selaku Business Development Manager Southeast Asia dan memperkenalkan Cummins Engine model QSK95.

Selain itu, dihadirkan Tan Chin Bengdari, Twin Disc Far East Pte. Ltd yang mempresentasikan mengenai VETH Propulsion System, yang belum lama ini menjadi anak perusahaan dari Twin Disc.

Adapun dari produsen komponen kapal, VULKAN menghadirkan Tri Haryanto, Technical Director Terafulk Megantara Design. Sebanyak 27 perusahaan baik industri kapal, pelayaran, distributor, produsen komponen kapal, naval arsitek menjadi peserta dalam seminar tersebut, klasifikasi dan media.

  (aji/hlz)


Komentar