Sabtu, 17 November 2018 | 23:56 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Regulasi / Transportasi
Senin, 17 September 2018 12:35

Terminal Teluk Lamong Raih Penghargaan Prima Utama dari Kemenhub

Ayu Puji
Dirut TTL Dothy (tengah) bersama penerima Prima Utama (Translogtoday)

JAKARTA -

PT Terminal Teluk Lamong (TTL), anak usaha PT Pelabuhan Indonesia III (Persero), meraih penghargaan Prima Utama dari Kementerian Perhubungan pada ajang Penilaian Pelayanan Prima Unit Pelayanan Publik Sektor Transportasi Tahun 2018.

Prima Utama merupakan penghargaan tertinggi bagi instansi dan badan usaha di bidang transportasi yang digelar Kemenhub setiap 2 tahun sekali sejak 2003. Penghargaan lainnya dalam ajang tersebut, yakni Prima Pratama dan Prima Madya.

Penghargaan bergengsi itu diterima langsung oleh Presiden Direktur TTL Dothy pada acara penganugerahan penghargaan tersebut di Jakarta Convention Center pada Senin (17/9/2018). 

“Merupakan kebanggaan bagi kami pada usia menjelang 5 tahun, TTL dipercaya berkompetisi di sektor transportasi dan memperoleh Prima Utama. Penghargaan ini menunjukkan TTL semakin diakui sebagai terminal dengan pelayanan prima,” ungkap Dothy.

Menurut dia, Prima Utama merupakan penghargaan prestisius mengingat peserta kompetisi ini merupakan unit pelayanan publik yang dikelola oleh Kemenhub, BUMN, dan swasta di Indonesia. 

“Upaya TTL untuk memberikan pelayanan yang prima dan customer-centeredbagi pelanggan mendapat apresiasi langsung dengan diterimanya penghargaan ini, meskipun kompetisi ini baru pertama kali diikuti TTL,” ujarnya.

Dengan pencapaian ini, Dothy berharap pelayanan TTL semakin cepat dan prima.  “Konsep otomasi dan ramah lingkungan yang diusung oleh TTL semakin diminati oleh pengguna jasa. Kami yakin sertifikasi dan apresiasi tertinggi adalah kepuasan pelanggan,” kata Dothy.

Dengan mengusung tema Pelayanan Tanpa Atap,TTL didesain dengan konsep modern dan ramah lingkungan. Terminal ini dilengkapi dengan peralatan canggih sehingga pelayanannya lebih cepat, produktif, dan safety. Transaksi di TTL juga telah mengaplikasikan sistem full online24 jam 7 hari. 

Konsep onlineini memudahkan pelanggan bertransaksi di terminal dan tidak perlu berhadapan langsung denganpetugas di lapangan. Selama terkoneksi dengan Internet, pelanggan dapat melakukan transaksi dengan TTL kapan saja dan dimana saja. Pelanggan juga dapat memonitor proses pergerakan barangnya setiap saat.

Penuhi Kriteria

Meskipun beru pertama kali mengikuti kompetisi tersebut, TTL berhasil meraih penghargaan sebagai unit pelayanan publik yang prima karena mampu memenuhi kriteria yang ditetapkan.

Aspek-aspek yang dinilai dan menjadi perhatian dalam kompetisi ini meliputi Kebijakan Pelayanan, Aspek Profesionalime, Aspek Sarana dan Prasarana, Aspek Sistem Informasi, Aspek Konsultasi dan Pengaduan, serta Aspek Inovasi dan Prestasi. 

Penilaian dilakukan pada aspek dokumen serta aspek fisik di lapangan. Aspek fisik meliputi ketersediaan fasilitas penunjang yang lengkap bagi pelanggan, termasuk fasllitas bagi penyandang disabilitas. 

Dalam kata sambutannya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan Penilaian Pelayanan Publik bertujuan menciptakan pelayanan percontohan bagi unit pelayanan yang lain agar berkreasi melakukan upaya peningkatan pelayanan yang lebih baik dan bertanggung jawab di sektornya.

Selain itu, lanjut Menhub, memberikan saran dan masukan penyempurnaan perbaikan pelayanan pada para pemangku kepentingan terkait dengan pembenahan kinerja pelayanan publik ke depan. 

Dia mengatakan hal ini sebagaimana dijelaskan dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dan Peraturan Pemerintah Nomor 96 Tahun 2012 tentang Pelayanan Publik.

Penilaian Pelayanan Publik ini dilakukan oleh Tim Independen yang terdiri dari Pejabat Kemenhub, akademisi, jurnalis, profesional di bidang transportasi, YLKI, serta staf Kepresidenan yang ditetapkan melalui Surat Keputusan Menhub. 

Dalam proses penilaian tersebut, Terminal Teluk Lamong dinilai telah memenuhi syarat dan kriteria pelayanan publik selama kurang lebih 6 bulan. (hlz/hlz)


Komentar