Senin, 22 Oktober 2018 | 17:28 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Transportasi / Pelayaran
Jumat, 21 September 2018 19:49

Empat Kali Beruntun, Dharma Lautan Utama Raih Penghargaan Pelayanan Prima Utama

Translog Today

JAKARTA -

PT Dharma Lautan Utama (DLU) menyabet sekaligus dua penghargaan Pelayanan Prima Unit Pelayanan Publik Kategori Utama dari Kementerian Perhubungan untuk penilaian tahun 2018. 

Penghargaan ini merupakan kali keempat diperoleh DLU secara berturut-turut sejak ajang dua tahunan itu digelar pada 2003. Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Jakarta, Senin (17/9/2018), dalam rangkaian peringatan Hari Perhubungan Indonesia (Harhubnas).

Penilaian dilakukan oleh Tim Independen yang ditetapkan oleh Keputusan Menhub No. 616 Tahun 2018. Mereka terdiri dari perwakilan Kementerian PAN-RB, Ombudsman, Kantor Staf Kepresidenan, akademisi, YLKI, pengamat transportasi, dan perwakilan jurnalis.

Adapun aspek penilaian mengacu pada Peraturan Menhub No. 49 Tahun 2018 tentang Tata Cara Penilaian Pelayanan Kinerja pada Unit Pelayanan Publik di Lingkungan Kementerian Perhubungan, Aspek itu terdiri dari Kebijakan Pelayanan, Profesionalisme SDM, Sarana Prasarana Pelayanan Publik, Sistem Informasi Pelayanan Publik, Konsultasi dan Pengaduan, serta Inovasi dan Prestasi.  

Pada tahun ini, DLU mengikutsertakan dua unit layanannya dalam penilaian yakni KMP Dharma Rucitra I di lintas penyeberangan Merak–Bakauheni dan KMP Dharma Rucitra III di lintas Padangbai–Lembar. Keduanya berhasil meraih penghargaan kategori Prima Utama.

“Berkat komitmen kuat perusahaan yang menitikberatkan pada penerapan serta pelaksanaan layanan Beyond Expectation (melampaui harapan pelanggan) dan Customer Friendly (ramah terhadap pengguna/mudah), kedua unit pelayanan tersebut berhasil meraih Peringkat Kategori Pelayanan Prima Utama,” ungkap Direktur Utama PT Dharma Lautan Utama Erwin H. Poedjono.

Penghargaan Gubernur Jatim

Tidak hanya itu, DLU mendapatkan penghargaan dari Pemprov Jawa Timur sebagai Perusahaan Pelayanan Angkutan Barang Terbaik di provinsi tersebut. Penghargaan diserahkan oleh Gubernur Jatim Soekarwo saat puncak peringatan Harhubnas 2018 yang dipusatkan di Lapangan Prapat Kurung Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, pada 17 September lalu.

Erwin mengatakan, berbagai penghargaan tersebut akan menjadi semangat bagi perusahaan untuk terus berupaya meningkatkan pelayanan terbaik dan manfaat bagi masyarakat. 

“Dan tentu saja semua yang telah diraih ini bukan semata usaha kami semata, melainkan berkat dukungan dari berbagai pihak, baik pengguna jasa, pemerintah, mitra kerja maupun mitra usaha, demi kemajuan bersama,” ungkapnya. (hlz/hlz)


Komentar