Senin, 22 Oktober 2018 | 17:11 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Transportasi / Pelabuhan
Kamis, 04 Oktober 2018 19:15

Teluk Bayur Ditargetkan Jadi Pelabuhan Terkemuka dan Modern 2020

Aidikar M. Saidi

PADANG -

PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Teluk Bayur terus melakukan pembenahan untuk mewujudkan target menjadi salah satu pelabuhan terkemuka dan modern di Indonesia pada tahun 2020.

Armen Amir, General Manager Pelindo II Cabang Teluk Bayur, mengungkapkan pihaknya terus berbenah diri dengan melakukan penataan dan perbaikan fasilitas, peningkatan kapasitas dan produktivitas, serta kelengkapan sistem informasi berbasis teknologi informasi. 

“Potensi Teluk Bayur sangat luar biasa. Kami ingin mengembalikan masa kejayaan pelabuhan ini seperti saat didirikan,” katanya kepada Translogtoday, Kamis (4/10/2018).

Berdasarkan data, tutur Armen, kunjungan kapal ke Pelabuhan Teluk Bayur selama tahun 2017 sebanyak 2.700 kapal dengan volume arus barang 12 juta ton per tahun. 

Menurut dia, potensi Teluk Bayur sangat besar sehingga sangat disayangkan jika pelabuhan terbesar di Pantai Barat Sumatera ini tidak bisa bangkit sesuai dengan slogannya “Teluk Bayur Bangkit.”

''Dengan luas lahan 82,6 hektare dan panjang dermaga 1,4 kilometer, pelabuhan ini ditargetkan dapat menangani berbagai komoditas ekspor andalan Indonesia, seperti CPO, batubara, pupuk, semen dan aspal,” ujarnya.

Untuk CPO, ungkap Armen, pendistribusian barang melalui Pelabuhan Teluk Bayur ditargetkan mencapai 5 juta ton per tahun. Demikian pula aspal, yang tahun ini diperkirakan masuk ke Sumatera Barat sebanyak 36.000 ton per tahun

Dengan statusnya sekarang sebagai pelabuhan kelas madya, Armen mengatakan belum cukup bagi Pelabuhan Teluk Bayur untuk berpuas diri. “Masih banyak PR yang mesti dikejar untuk mengembalikan masa kejayaan pelabuhan yang didirikan pada 1818 ini,” ungkapnya. (hlz/hlz)


Komentar