Senin, 10 Desember 2018 | 16:16 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Korporasi / CSR
Kamis, 04 Oktober 2018 18:15

Terminal Teluk Lamong Raih 2 Penghargaan TOP CSR 2018

Ayu Puji
(TTL/Translogtoday)

JAKARTA -

Terminal Teluk Lamong (TTL) meraih dua penghargaan sekaligus di bidang corporate social responsibility (CSR), yakni TOP CSR 2018 untuk sektor pelabuhan dan TOP Leader CSR Commitment 2018.

Penghargaan tersebut diterima oleh Direktur Utama TTL Dothy, yang diwakili oleh Corporate Communication Section Head TTL Reka Yusmara M. dalam acara penganugerahan TOP CSR 2018 di Hotel Sultan Jakarta, Kamis (4/10/2018).

Acara diselenggarakan oleh Majalah TOP Business (sebelumnya BusinessWeek) bekerja sama dengan sejumlah pihak, di antaranya Komite Nasional Kebijakan Governance (KNKG).

Dothy menyampaikan TTL bersyukur dan berterima kasih telah diberikan apresiasi yang tinggi atas kegiatan perusahaan, khususnya dalam pelaksanaan program CSR. 

“Kami bangga dengan apresiasi ini, semoga menambah semangat kami untuk selalu ada dan memberi solusi bagi permasalahan masyarakat di sekitar perusahaan,” kata Dothy.

TOP CSR 2018 diberikan kepada perusahaan-perusahaan yang dinilai berkomitmen melaksanakan program CSR berbasis ISO:26000. Tidak saja membantu, program CSR itu harus memberikan manfaat dan solusi atas permasalahan di tengah masyarakat.

Penilaian terhadap kontestan TOP CSR 2018 melalui tahapan yang cukup panjang. Perusahaan yang dinilai harus mengisi 253 pertanyaan secara online, menjawab kuisioner digital yang disediakan oleh panitia. 

Dari pengisian kuisioner tersebut, kemudian dilakukan evaluasi dan seleksi terhadap kontestan untuk tahap berikutnya, yaitu presentasi dan audiensi dengan dewan juri yang terdiri dari pakar community development dan media. 

Ketua Dewan Juri Mas Achmad Daniri, yang juga Ketua KNKG, mengatakan perusahaan peraih penghargaan itu dinilai berkomitmen tinggi dalam pelaksanaan CSR, khususnya CSV (Corporate Shared Value). 

“Perusahaan yang baik dalam CSR adalah mereka yg bisa memberikan solusi atas Permasalahan yang ada di masyarakat,“ kata Mas Achmad.

Penganugerahan TOP CSR 2018 kepada TTL menunjukkan bahwa konsep terminal milik PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) yang baru berusia 4 tahun ini sesuai dengan tagline-nya, yakni pelabuhan canggih dan ramah lingkungan atau green smart port

TTL dinilai berhasil membuktikan bermanfaat bagi lingkungan sosial di sekitarnya. Konsep otomasi dan digitalisasi TTL diwujudkan kemanfaatannya bagi masyarakat sekitar.

Selain TOP CSR sektor pelabuhan, TTL meraih penghargaan TOP Leader CSR Commitment. Penghargaan ini membuktikan bahwa pemimpin memiliki komitmen kuat, sehingga program perusahaan dapat berjalan sesuai dengan tujuan kebermanfaatannya.

Sebagai Direktur Utama TTL, komitmen Dothy dalam program CSR memang patut diapresiasi. Salah satu program CSR yang merupakan gagasan Dothy, yaitu Kampung Digital, secara khusus mendapat apresiasi dari M. Lutfi Handayani, Ketua Penyelenggara Top CSR 2018. 

“Ibu Dothy telah berhasil menyelaraskan konsep TTL sebagai Terminal Digital dengan program CSR perusahaan bernama Kampung Digital, yang tentunya memberi manfaat bagi masyarakat,” kata Lutfi.

Dothy berharap penghargaan tersebut semakin memacu semangat TTL dalam meningkatkan pelayanan dan kemanfaatan kepada seluruh pemangku kepentingan. (hlz/hlz)


Komentar