Minggu, 18 November 2018 | 00:22 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Transportasi / Angkutan Darat
Sabtu, 20 Oktober 2018 21:50

Semua Jenis Kendaraan Bermotor Bakal Gratis Lewati Jembatan Suramadu

Translog Today

SURABAYA -

Jembatan Suramadu bakal digratiskan bagi semua jenis kendaraan bermotor yang melintasi jembatan penghubung antara Pulau Madura dan Pulau Jawa itu.

Rencana itu diungkapkan Gubernur Jawa Timur Soekarwo saat mendampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi seusai pertemuan tertutup di kantor Otoritas Bandara Juanda Surabaya, Sabtu (20/10) malam. 

"Sesuai dengan petunjuk Bapak Presiden Joko Widodo, Jembatan Suramadu akan digratiskan untuk semua jenis kendaraan yang melintas di jembatan itu," kata Soekarwo. Namun, dia tidak menyebut kapan rencana itu akan direalisasikan pemerintah.

Dia mengatakan, pembebasan biaya bagi semua jenis kendaraan bermotor yang melintasi Jembatan Suramadu diharapkan berdampak positif bagi warga Madura, karena perekonomian di kawasan itu akan meningkat.

"Jadi ini bisa mengurangi ongkos buat kirim barang, baik yang akan dikirim ke Madura maupun sebaliknya, sehingga tidak ada perbedaan harga antara Surabaya dan Madura," ujar Gubernur yang biasa disapa Pakdhe Karwo itu.

Saat ini kendaraan yang melintasi Jembatan Suramadu dikenakan tarif mulai dari Rp15.000 hingga Rp45.000 untuk untuk kendaraan golongan I-V. 

Tarif tol tersebut sebenarnya sudah diturunkan dari sebelumnyaRp30.000 untuk kendaraan golongan I.Adapun tarif untuk sepeda motor sudah dibebaskan. (ddk) (hlz/hlz)


Komentar