Sabtu, 17 November 2018 | 23:53 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Transportasi / Pelabuhan
Kamis, 01 November 2018 17:09

Kaliadem Bakal Jadi Pelabuhan dengan Standar Pelayanan Bandara

Translog Today
Kapal rakyat (ilustrasi)

JAKARTA -

Pelabuhan Muara Angke atau Kaliadem, Jakarta Utara, disiapkan menjadi proyek percontohan pelabuhan dengan standar pelayanan seperti di bandara dan stasiun kereta api.

Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan terus berkoordinasi dan mengevaluasi kesiapan pelayanan dan penertiban di Pelabuhan Kaliadem serta melakukan simulasi pelaksanaannya.

Nantinya, pelabuhan rakyat itu dibagi dalam tiga zonasi, yaitu area publik, area terbatas, dan area steril. 

Area publik adalah wilayah pelabuhan yang terbuka untuk umum/publik, sementara area terbatas memberikan akses masuk kepada penumpang ataupun non-penumpang dengan persyaratan tertentu.

Adapun area steril merupakan daerah pergerakan penumpang yang selalu dikendalikan dan diawasi, mulai dari tempat pemeriksaan keamanan terakhir sampai dengan masuk kapal.

Kepala Sub Direktorat Penegakkan Hukum Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Fourmansyah, menuturkan bahwa rencananya pada tanggal 3 November 2018 akan dilakukan 

“Simulasi menyeluruh akan dilakukan pada Sabtu (3/11) terhadap pelayanan dan penertiban Pelabuhan Kaliadem dengan sistem baru,” katanya, Kamis (1/11).

Rencananya, peluncuran proyek percontohan Pelabuhan Kaliadem digelar pada akhir November oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Fourmansyah menjelaskan, kesiapan dan simulasi meliputi penetapan zonasi pelabuhan, penempatan peralatan dan gate in-out termasuk lokasi penempatan personil pengamanan dan penertiban.

Selain itu, penandaan/petunjuk umum jalur naik turun penumpang, sarana penunjang e-ticketing, format data manifest penumpang, pengawasan darat melalui penertiban Surat Persetujuan Berlayar (SPB).

“Termasuk mekanisme input data penumpang sesuai e-tikceting, pengawasan laut dengan patroli, serta simulasi pelayanan dan penertiban di pelabuhan Kaliadem, serta finalisasi standar pelayanan dan penertiban di pelabuhan Kaliadem,” paparnya. (hlz/hlz)


Komentar