Sabtu, 17 November 2018 | 23:50 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Transportasi / Kereta Api
Jumat, 09 November 2018 17:03

Antisipasi Kelesuan Pasar Domestik, INKA Perkuat Ekspor

Translog Today
(PT KAI)

JAKARTA - PT Industri Kereta Api (Persero) atau PT Inka terus memperkuat pangsa pasar ekspor kereta ke negara-negara Asia dan Afrika guna mengantisipasi kemungkinan jenuhnya pasar dalam negeri.

"Selama ada potensi, harus dilakukan. Kalau tidak, PT Inka tidak berkembang karena kalau pasar lokal itu bisa jenuh. Kalau keluar, kan, masih selalu ada potensi," kata Direktur Utama PT Inka Budi Noviantoro di Madiun, Jawa Timur, Rabu (7/11).

Saat ini, produk Inka telah dioperasikan beberapa negara, antara lain Bangladesh, Malaysia, Thailand, Filipina, Singapura, dan Australia. Produk yang telah dimanfaatkan negara lain adalah kereta penumpang, barang, beserta perlengkapannya.

Beberapa negara yang berpotensi dan dijajaki untuk menjadi konsumen produk-produk Inka adalah Myanmar, Sri Lanka, Senegal, Zambia, Nigeria, Sudan, dan Meksiko. Selain kereta untuk penumpang dan barang, Inka juga menjajaki ekspor perlengkapan kereta seperti penyejuk ruangan (AC).

Untuk pesanan dari luar negeri, saat ini Inka tengah menyelesaikan pesanan antara lain 250 kereta dari Bangladesh senilai Rp1,33 triliun serta dari Filipina berupa lokomotif diesel dan kereta penumpang senilai Rp 757 miliar.

Selain itu, perlengkapan seperti AC di kereta juga berpotensi untuk dijual ke Malaysia. Untuk dalam negeri, Inka membuat rangkaian kereta api ringan untuk Palembang dan Jabodebek.

Di sisi lain, peningkatan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) juga dilakukan agar perseroan semakin efisien. Apalagi, nilai tukar dolar AS tengah menguat. Untuk kereta tanpa mesin, TKDN-nya telah mencapai 70 persen. Adapun kereta dengan mesin, TKDN-nya sekitar 42 persen. (aji/hlz)


Komentar