Minggu, 16 Desember 2018 | 03:31 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Transportasi / Penerbangan
Selasa, 13 November 2018 21:50

Boeing Diduga Tahu Potensi Bahaya Fitur Kontrol Penerbangan Pesawat 737-8 Max

Translog Today
Boeing 737-8 Max

JAKARTA -

Boeing diduga menyimpan informasi tentang potensi bahaya fitur baru pengaturan penerbangan pada pesawat seri 737-8 Max yang mengalami kecelakaan di perairan Karawang, Jawa Barat, bulan lalu.

Dugaan itu diungkapkan Wall Street Journal, mengutip pakar keamanan penerbangan yang terlibat dalam penyelidikan kecelakaan pesawat Lion Air JT-610, serta pejabat tingkat menengah FAA dan pilot maskapai penerbangan.

Fitur itu yakni sistem pencegah otomatis pada model Boeing 737 Max 8 dan Max 9, yang membantu awak kokpit menghindari kekeliruan naiknya hidung pesawat yang sangat tinggi dan berbahaya. 

"Dalam kondisi yang tidak biasa dapat mendorongnya secara tak terduga dan sangat kuat sehingga awak pesawat tidak dapat menariknya kembali," tulis WSJ, Senin (12/11).

Menurut laporan itu, seperti dikutip CNN, Boeing mengatakan kepada maskapai bahwa situasi seperti itu "dapat mengakibatkan penurunan yang curam atau kecelakaan, meskipun pilot menerbangkan pesawat secara manual dan tidak mengharapkan komputer kontrol penerbangan bekerja."

Menanggapi laporan WSJ, Boeing menyatakan tidak secara khusus menangani klaim keamanan dan pihaknya yakin dengan keselamatan Max 737. 

"Kami mengambil setiap langkah untuk sepenuhnya memahami semua aspek dari insiden ini, bekerja sama dengan tim investigasi dan semua otoritas yang terlibat," ungkap perusahaan itu, mengulangi pernyataan sebelumnya tentang kecelakaan Lion Air JT-610. (hlz/hlz)


Komentar