Minggu, 16 Desember 2018 | 03:10 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Transportasi / Pelabuhan
Sabtu, 24 November 2018 20:26

Pengusaha Chennai Minati Direct Call dari Pelabuhan Teluk Bayur

Aidikar M. Saidi
Walikota Padang (berpeci) dan PM Tamil Nadu (kanan). (istimewa)

JAKARTA -

Kalangan pengusaha di Provinsi Chennai, India, mengharapkan perusahaan pelayaran internasional membuka rute langsung (direct call) dari dan ke Pelabuhan Teluk Bayur, Padang.

Hal tersebut disampaikan oleh Armen Amir, General Manager PT Pelabuhan Indonesia II Cabang Teluk Bayur, yang mengikuti Indonesia-India Business Forum di Chennai, Jumat (3/11) malam.

Dia mengatakan delegasi Indonesia dari Pelabuhan Teluk Bayur dan Walikota Padang mendapatkan sambutan hangat dalam acara tersebut dan menarik perhatian kalangan bisnis di Chennai.

Menurut Armen, banyak pengusaha Chennai yang ingin mengimpor komoditas dari Sumatera Barat secara langsung dari Pelabuhan Teluk Bayur. Komoditas yang diminati antara lain CPO, batubara, semen, dan rempah-rempah.

"Mereka meminta kapal segera membuka direct call dari dan ke Teluk Bayur dengan menyinggahi sejumlah pelabuhan di India," kata Armen. Selanjutnya, kapal bisa meneruskan pelayaran ke Eropa dan Timur Tengah.

Selain Pelabuhan Chennai, Pelabuhan Teluk Bayur sudah menjalin kerja sama dengan Pelabuhan Fremantle di Australia. Pelabuhan terbesar di Sumbar itu juga menyiapkan kerja sama dengan Pelabuhan di Pakistan, Bangladesh dan Srilanka.

Melalui kerja sama itu, tutur Armen, volume barang dari Pelabuhan Teluk Bayur ke pasar dunia diharapkan meningkat. (hlz/hlz)


Komentar