Minggu, 16 Desember 2018 | 04:22 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Transportasi / Pelabuhan
Kamis, 29 November 2018 20:54

IPC Dukung Kerja Sama PTP dan KBN Bangun Pelabuhan di Marunda

Translog Today
(IPC)

JAKARTA -

PT Pelabuhan Indonesia II (Persero)/IPC mendukung kerja sama antara PT Pelabuhan Tanjung Priok (PTP) dan PT Kawasan Berikat Nusantara (Persero) karena akan meningkatkan kualitas pelayanan kepada pengguna jasa.

Kerja sama itu ditandai dengan penandatanganan Head of Agreement (HoA) yang dilakukan oleh Direktur Utama KBN H.M. Satar Taba, Direktur Utama PTP Imanuddin, disaksikan oleh Asisten Deputi Bidang Usaha Konstruksi, Sarana dan Prasarana Perhubungan I Kementerian BUMN Heri Purnomo.

"IPC sangat mendukung kerja sama ini, dengan semangat sinergi BUMN," kata Direktur Utama IPC Elvyn G. Masassya, Kamis (29/11).

Elvyn menegaskan IPC berkepentingan untuk mengembangkan bisnis anak-anak perusahaannya, apalagi jika bisa bersinergi dengan BUMN lain.

Imanuddin mengungkapkan, HoA tersebut akan mendukung kelancaran arus barang dan mengantisipasi pertumbuhan cargo non peti kemas di Pelabuhan Tanjung Priok dan sekitarnya, serta pengembangan pasar secondary port.

"Dalam HoA itu dinyatakan bahwa kedua perusahaan berencana mengembangkan kegiatan terminal multipurpose melalui kerja sama pembangunan dan pengoperasian pelabuhan di Marunda dengan nama Project C-04 yang berlokasi di atas lahan HPL KBN," paparnya.

Adapun konsep dasar rencana pembangunan dan pengoperasian pelabuhan itu adalah sebagai pelabuhan umum untuk meningkatkan kualitas layanan dan kapasitas terminal multipurpose yang merupakan perluasan kegiatan PTP.

Untuk diketahui, PTP adalah satu dari 17 anak perusahaan IPC yang bergerak sebagai terminal operator multipurpose yang melayani kegiatan bongkar/muat curah cair, curah kering, general cargo, dan lain-lain. 

Saat ini PTP beroperasi di lima regional yaitu Regional Pelabuhan Tanjung Priok, Banten, Panjang, Bengkulu, dan Jambi. (hlz/hlz)


Komentar