Minggu, 16 Desember 2018 | 04:40 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Transportasi / Angkutan Darat
Sabtu, 01 Desember 2018 17:32

Tol Bocimi Bakal Tembus ke Bandung dan Cilacap

Translog Today

BOGOR -

Presiden Joko Widodo meresmikan ruas tol Ciawi-Cigombong sepanjang 15,35 km, Sabtu (1/12). Ruas tol ini merupakan seksi 1 dari proyek jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi), Jawa Barat.

"Jalan tol Bocimi ini kita harapkan bersambung ke Sukabumi-Cianjur, akan sambung ke Bandung dan ke timur ke Cilacap," kata Jokowi.

Tol Bocimi memiliki total panjang 54 km, terdiri atas lima seksi. Seksi I Ciawi-Cigombong yang baru saja diresmikan diharapkan bisa meningkatkan mobilitas, baik angkutan penumpang dan angkutan barang.

Tol Bocimi sempat mangkrak selama 21 tahun, yakni setelah pemenang lelang proyek tersebut ditetapkan pada tahun 1997 atau menjelang krisis moneter menghantam Indonesia.

Tanda tangan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) oleh Konsorsium Bukaka Teknik Utama dilakukan pada tahun 2007, atau 10 tahun sejak penetapan pemenang.

Investor sempat berulang kali berganti untuk proyek ini hingga akhirnya pada 2015, Waskita melalui anak usahanya Waskita Toll Road secara bertahap mengambil alih kepemilikan proyek jalan tol yang dikuasai MNC Toll Road. (hlz/hlz)


Komentar