Minggu, 16 Desember 2018 | 04:44 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Transportasi / Pelabuhan
Kamis, 06 Desember 2018 16:03

Komisi V DPR Tinjau Pembangunan Flyover Akses Terminal Teluk Lamong

Ayu Puji
Render proyek flyover akses TTL (repro)

SURABAYA -

Komisi V DPR RI meninjau pembangunan simpang susun atau flyover akses Terminal Teluk Lamong, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, guna memastikan proyek itu berjalan sesuai dengan rencana.

Pembangunan flyover tersebut merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang dikerjakan oleh PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) untuk mempermudah akses darat dari dan menuju ke Terminal Teluk Lamong. 

Sekretaris Perusahaan Pelindo III Faruq Hidayat menjelaskan, flyover sepanjang 2,4 km itu akan melintasi jalan nasional Surabaya-Gresik, jalan tol Surabaya-Gresik, rel kereta api dan pipa gas PGN, serta Sungai Sememi. 

"Sebagai PSN, flyover akan sangat bermanfaat ketika jadi nanti. Selain meningkatkan aksesibilitas darat dari dan menuju Terminal Teluk Lamong menuju tol Surabaya-Gresik, juga akan memecah kemacetan Jalan Kalianak-Tambakosowilangun,” ujarnya di sela kunjangan kerja Komisi V DPR RI di Pelabuhan Tanjung Perak, Rabu (5/12). 

Faruq mengatakan, fyover tersebut juga akan mengintegrasikan Tol Surabaya- Gresik dengan Jalan Lingkar Luar Barat (JLLB) Kota Surabaya.

Direktur Operasional Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kun Cahyadi menambahkan, flyover Terminal Teluk Lamong menjadi diskresi kebijakan yang penting dari negara, dalam upaya mendukung kelancaran logistik nasional, khususnya Kawasan Timur Indonesia (KTI). 

“Hal ini karena melihat potensi besar Terminal Teluk Lamong dalam mendorong manfaat produktivitas Pelabuhan Tanjung Perak yang merupakan gerbang logistik utama ke KTI,” ungkapnya. (hlz/hlz)


Komentar