Selasa, 16 Juli 2019 | 11:25 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Transportasi / Penerbangan
Senin, 17 Desember 2018 11:33

Lion Air Sewa Kapal Canggih MPV Everest Lanjutkan Pencarian Korban JT-610

Translog Today

JAKARTA -

Lion Air mengerahkan kapal laut MPV Everst untuk melanjutkan proses pencarian dan evakuasi korban jatuhnya pesawat nomor penerbangan JT-610 di perairan Karawang, Jawa Barat. 

Anggaran yang digelontorkan maskapai penerbangan itu untuk pencarian lanjutan ini diklaim mencapai Rp38 miliar.

Corporate Communications Strategic of Lion Air Danang Mandala Prihantoro mengatakan, Lion Air mendatangkan kapal canggih untuk melanjutkan pencarian jenazah penumpang dan kru pesawat. 

Apabila pencarian menemukan jenazah ataupun hal lain, penemuan itu akan diserahkan kepada Badan SAR Nasional (Basarnas).

“Proses pencarian termasuk dilakukan terhadap kotak hitam, yaitu alat perekam suara di ruang kemudi pilot (Cockpit Voice Recorder/CVR),” kata Danang dalam keterangannya, Senin (17/12).

Dalam proses pencarian tersebut, Lion Air menunjuk perusahaan swasta profesional asal Belanda dengan menggunakan kapal MPV Everest. 

Proses pencarian akan difokuskan berdasarkan pemetaan terakhir area koordinat jatuhnya pesawat Lion Air JT-610 dengan waktu operasional 10 hari berturut-turut pada Desember 2018.

Informasi terkini, kapal mengalami keterlambatan yang rencananya tiba di perairan Karawang pada Senin (17/12). Kondisi terakhir pada Sabtu (15/12) malam, cuaca buruk dan hujan deras di Johor Bahru sehingga mengganggu mobilisasi peralatan dan kru selama tiga hari terakhir.

Kapal direncanakan berlayar hari ini, Senin (17/12), dimulai dengan proses imigrasi dan kepabeanan (customs) pada pagi hari. Hal ini dikarenakan kapal berkapasitas sebesar MPV Everest tidak diberikan izin untuk keluar dari pelabuhan pada malam hari.

Perkiraan waktu tempuh perjalanan dari Johor Bahru menuju perairan Karawang adalah 2 hari dan 5 jam. Dengan demikian, kapal akan tiba di Karawang pada Rabu (19/12). (hlz/hlz)


Komentar