Selasa, 19 Maret 2019 | 17:01 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Transportasi / Bandara
Senin, 31 Desember 2018 09:33

Bandara Baru di Bulelelng Bali Ditargetkan untuk Penerbangan LCC

Translog Today
Menhub saat meninjau lokasi bandara baru di Buleleng, Bali (dephub)

BULELENG, Bali -

Pemerintah berencana membangun bandara baru di Kecamatan Kubutambahan, Buleleng, Bali Utara, mulai 2019. Bandara ini diproyeksikan untuk melayani penerbangan Low Cost Carier (LCC).

Landasan pacu bandara baru ini direncanakan sepanjang 3.000 x 45 meter. Kapasitas bandara Bali Utara ini pun bakal lebih besar dibandingkan dengan Bandara I Gusti Ngurah Rai di Denpasar.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bandara di Bali Utara dibangun untuk saling bersinergi dengan Bandara I Gusti Ngurah Rai dengan tujuan meningkatkan jumlah wisatawan ke Bali.

"Bandara di Bali Utara harus kolaborasi dan saling mengisi, untuk bisa mencapai suatu daya dukung yang baik bagi wisatawan. Kita upayakan Bandara Ngurah Rai untuk penerbangan premium, sedangkan bandara di Bali Utara untuk LCC," kata Menhub saat berkunjung di lokasi, Minggu (30/12).

Dia menjelaskan, lokasi bandara yang direncanakan di Bali Utara hingga kini tidak mengahdapi kendala berarti dalam hal pembebasan lahan dikarenakan lahan tersebut merupakan tanah adat milik desa.

"Dari segi teknis Kementerian Perhubungan melihat satu kemudahan dari pengadaan lahan, tadi dijelaskan oleh Gubernur Bali bahwa ini adalah tanah adat milik desa. Untuk itu ke depan Gubernur Bali besama Bupati Buleleng yang akan membicarakannya dengan para penduduk desa" ujar Budi Karya.

Menurut dia, pemerintah akan menginisiasi proyek pembangunan bandara ini sebagai proyek Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). (hlz/hlz)


Komentar