Rabu, 20 Maret 2019 | 13:55 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Transportasi / Penerbangan
Jumat, 04 Januari 2019 15:32

Penumpang Lion Air dan Wings Air Dibebankan Biaya Bagasi Mulai 8 Januari

Translog Today

JAKARTA -

Lion Air dan Wings Air, dua maskapai berbiaya murah (low cost carrier/LCC) Lion Air Group, tidak lagi membebaskan biaya bagasi dalam penerbangan domestik mulai 8 Januari 2019. 

Selama ini, penumpang Lion Air menikmati biaya bagasi secara cuma-cuma hingga 20 kg, sedangkan bagasi gratis bagi penumpang Wings Air 10 kg. 

Corporate Communication Lion Air Group Danang Mandala mengatakan, penumpang yang telah membeli tiket untuk penerbangan di atas 8 Januari masih diberikan gratis biaya bagasi. Begitu pula bagi pembelian tiket sebelum tanggal tersebut sebagai masa transisi. 

“Biaya bagasi yang akan diterapkan lebih murah dibandingkan dengan biaya kelebihan bagasi yang selama ini diterapkan oleh Lion Air Group,” katanya di Jakarta, Jumat (4/1).

Bagi penumpang yang ingin membeli kapasitas bagasi, lanjut Danang, bisa dilakukan sebelum melakukan pembayaran tiket atau setelahnya. "Kapasitas bagasi juga dapat dibeli 6 jam sebelum penerbangan di bandara," ujarnya.

Danang menjelaskan, kapasitas bagasi yang dibeli saat melakukan pemesanan tiket lebih murah dibanding membeli di bandara saat ingin check in

“Biaya bagasi saat membeli tiket sebelum pembayaran dikenakan paket kelipatan per 5 kg, sedangkan di bandara dihitung biaya per kilogram,” ungkapnya.

Menurut Danang, kebijakan ini untuk efisiensi penggunaan bagasi sebab selama ini banyak penumpang yang hanya membawa barang ke kabin. Alasan lain, jika membeli tiket secara berkelompok, kapasitas bagasi yang didapat bisa lebih besar.

“Seorang penumpang yang membawa bagasi dengan berat lebih dari 20 kg bisa menggunakan kapasitas bagasi penumpang lain dalam kelompoknya,” jelasnya.

Kebijakan Lion Air dan Wings Air ini tidak menyalahi Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 185 tahun 2015 tentang Standard Pelayanan  Penumpang Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri. 

PM tersebut menjelaskan, bagasi untuk penerbangan full service paling banyak 20 kg tanpa dikenakan biaya, penerbangan medium service paling banyak 15 kg tanpa biaya, sedangkan no frills (LCC) dapat dikenakan biaya. (hlz/hlz)


Komentar