Rabu, 20 Maret 2019 | 14:37 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Transportasi / Pelabuhan
Senin, 07 Januari 2019 16:40

Pacu Layanan, Pelindo IV Genjot Investasi Peralatan

Translog Today
PT Pelindo IV (Persero) (Pelindo IV)

JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) menambah 10 unit alat Reach Stacker (RS), 5 unit Head Truck (HT), 2 unit Tronton, 1 unit Flat Bed dan Container Transtainer (C/T) senilai 73,88 miliar. Penambahkan peralatan itu direalisasikan pada akhir 2018.

Alat-alat tersebut akan ditempatkan disejumlah pelabuhan di lingkungan PT Pelindo IV (Persero) yakni Pelabuhan Pantoloan, Gorontalo, Tarakan, Kendari, Sorong, Merauke dan Makassar New Port (MNP) di Sulawesi Selatan.

Direktur Utama PT Pelindo IV, Farid Padang mengatakan penambahan alat di sejumlah pelabuhan kelolaan pada akhir tahun 2018 tersebut merupakan upaya perseroan untuk terus meningkatkan pelayanan kepelabuhanan di Indonesia [level of service].

Dia mencontohkan di Pelabuhan Pantoloan saat ini pelayanan yang ada sudah dipercepat, seiring dengan bertambahnya alat untuk operasional pelabuhan yang terdampak bencana tsunami di Palu dan sekitarnya pada akhir September lalu.

Bahkan, katanya, pihaknya segera mengirim Crane baru untuk menggantikan 1 unit Crane yang roboh di Pelabuhan Pantoloan akibat bencana tsunami lalu. "Semoga dengan bertambahnya alat di sejumlah pelabuhan, pelayanan yang sudah ada bisa lebih ditingkatkan lagi, sehingga perekonomian khususnya di KTI akan semakin lancar," tegasnya.

Dia menambahkan, investasi alat yang dilakukan dipenghujung tahun ini juga dalam rangka persiapan menuju 2019 yang dicanangkan sebagai tahun produktivitas bagi Pelindo IV. "Tentunya selain infrastruktur, kami akan menyiapkan suprastruktur," katanya.

Menurut dia, dalam mendukung Tol Laut di Indonesia Timur, infrastruktur dan suprastruktur digenjot sehingga  kecepatan pelayanan di lapangan penumpukan meningkat. Yang penting lagi,  distribusi petikemas, terutama untuk receiving delivery petikemas yang masuk dan keluar pelabuhan juga meningkat. (aji/hlz)


Komentar