Selasa, 19 November 2019 | 16:56 WIB

Visit our social media :
Home / Transportation / Airlines
Senin, 14 Januari 2019 13:23

Kotak Hitam Berisi CVR Lion Air JT-610 Akhirnya Ditemukan

Translog Today
(Harnas/repro)

JAKARTA -

Kotak hitam atau black box pesawat Lion Air JT-610 akhirnya berhasil ditemukan pada Senin (14/1) pagi, setelah pencarian lebih dari 2 bulan sejak jatunya pesawat dengan nomor registrasi PK-PQP itu di perairan Karawang, Jawa Barat.

Penemuan kotak hitam yang berisikan Cockpit Voice Recorder (CVR) pesawat tersebut disampaikan oleh Kadispen Koarmada I Letkol Laut (P) Agung Nugroho melalui keterangan tertulis, Senin (14/1).

Dia mengatakan kotak hitam ditemukan pada pukul 09.10 WIB oleh Tim Penyelam dari Kopaska dan Dislambair Koarmada I. Namun, Agung belum bisa membeberkan secara lebih rinci terkait dengan penemuan tersebut..

“CVR pesawat dibawa ke Pondok Dayung Kopaska,” katanya. CVR itu diketahui berisi rekaman suara percakapan pilot pesawat.

Pesawat Lion Air JT-610 rute Jakarta-Pangkal Pinang jatuh di Perairan Karawang, Jawa Barat, pada 29 Oktober. Pesawat tersebut take off pada pukul 6.20 WIB lalu hilang kontak pada pukul 6.33 WIB.

Akibat kecelakaan itu, 188 orang di dalam pesawat tewas, terdiri dari 178 penumpang dewasa, satu penumpang anak-anak, dan dua bayi. Selain itu, tujuh kru pesawat yakni dua pilot dan lima pramugari. (hlz/hlz)


Komentar