Minggu, 17 Februari 2019 | 12:22 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Transportasi / Galangan Kapal
Kamis, 07 Februari 2019 06:30

Merger Galangan Kapal Hyundai dan Daewoo Kuasai 20% Pasar Dunia

Translog Today

JAKARTA - Dua raksasa galangan kapal Korea Selatan, Hyundai Heavy Industries (HHI) dan Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering (DSME), telah mengumumkan rencana mereka untuk merger pekan lalu.

HHI akan mengambilalh DSME, perusahaan galangan kapal terbesar kedua di dunia, melalui share swap senilai US$1,98 miliar. HHI akan mengakuisisi mayoritas saham Daewoo yang dikuasai pemerintah.

Langkah ini bakal mengubah peta persaingan galangan kapal dunia karena akan menciptakan sebuah perusahaan galangan kapal terbesar dunia yang menguasai 20% industri tersebut.

Menurut data VesselsValue, 52% order kapal tanker LNG saat ini otomatis akan dikuasai oleh gabungan HHI dan DSME.

Kedua perusahaan itu sempat mengalami masa sulit, dimana HHI mencetak rugi bersih 633 miliar won pada 2018. Kondisi ini menyusul lonjakan biaya baja dan merosotnya permintaan pada 2018 dibandingkan tahun sebelumnya.

Bergabungnya kedua perusahaan akan semakin meninggalkan China dan Jepang, dua raksasa galangan kapal lainnya di Asia.

Total nilai order yang dibukukan HHI dan DSME saat ini mencapai US$31,4 miliar, dibandingkan dua galangan kapal terbesar China yang juga berencana merger (China State Shipbuilding Corp dan China Shipbuilding Industry Corp) senilai US$15,2 miliar.

Adapun dua galangan kapal terbesar Jepang, yakni Imabari Shipbuilding Co dan Oshima Shipbuilding Co, membukukan total order senilai US$12,6 miliar.

Industri galangan kapal sangat vital bagi ekonomi Korsel, China dan Jepang sebab melibatkan ratusan ribu tenaga kerja dan banyak industri terkait. Tidak heran jika pemerintah mereka sering menyuntikkan dana segar ke galangan kapal untuk diselamatkan. (hlz/hlz)


Komentar