Senin, 22 Juli 2019 | 16:32 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Transportasi / Pelabuhan
Kamis, 07 Februari 2019 20:18

Pelindo III Siapkan Fasilitas Shore Power Connection di Pelabuhan Tanjung Emas

Ayu Puji

SURABAYA - PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) menyiapkan fasilitas sambungan listrik dari darat atau shore power connection untuk memenuhi kebutuhan listrik kapal yang sandar di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

Sekretaris Perusahaan Pelindo III Faruq Hidayat mengungkapkan fasilitas itu segera diuji coba penggunaannya di Terminal Dwimatama yang dioperasikan oleh PT Pupuk Indonesia Holding Company (PIHC) di Pelabuhan Tanjung Emas.

Fasilitas yang disiapkan di Terminal Dwimatama direncanakan memiliki daya sebesar 1 MegaWatt dengan 1 unit shore power connection. Untuk mewujudkan rencana ini, Pelindo III sudah menandatangani kerja sama dengan PT Pupuk Indonesia Logistik yang merupakan bagian dari PIHC.

"Sementara ini kami siapkan terlebih dahulu untuk kepentingan PIHC, tidak menutup kemungkinan akan kami siapkan di Terminal Peti Kemas Semarang ataupun terminal lainnya di Pelabuhan Tanjung Emas," ungkap Faruq, Rabu (6/2).

Menurut dia, penggunaan shore power connection diminat operator pelayaran karena dapat menekan biaya operasional kapal 25%-40%. Hal ini didapat dari penghematan BBM karena kapal tidak perlu lagi menyalakan mesin saat sandar di dermaga pelabuhan.

"Selama ini kapal harus menyalakan mesin untuk memenuhi kebutuhan listrik saat sandar. Dengan fasilitas itu, selain lebih efisien karena hemat BBM juga lebih ramah lingkungan karena emisi gas buang di pelabuhan berkurang," kata Faruq. (hlz/hlz)


Komentar