Minggu, 17 Februari 2019 | 13:23 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Transportasi / Pelabuhan
Kamis, 07 Februari 2019 19:32

PT Legi Ingin Sediakan Shore Power Connection di Seluruh Terminal Pelindo III

Ayu Puji
(Pelindo III)

SEMARANG - PT Lamong Energi Indonesia (Legi) mengkaji kemungkinan untuk menyediakan
fasilitas sambungan listrik dari darat (shore power connection) di seluruh terminal pelabuhan yang dikelola oleh Pelindo III di tujuh provinsi.

"Kami tengah melakukan kajian untuk penyiapan shore power connection di seluruh pelabuhan. Kami menghitung kebutuhan daya di masing-masing daerah karena kebutuhan listrik untuk kapal ini masih mengandalkan PLN," kata Direktur Utama PT Legi Purwanto Wahyu Widodo, Rabu (6/2).

Menurut dia, permintaan sambungan listrik melalui shore power connection di beberapa terminal pelabuhan Pelindo III cukup tinggi, terutama dari pelayaran peti kemas domestik.

Operator pelayaran nasional yang sudah memanfaatkan layanan sambungan listrik tersebut, antara lain Meratus, Tempuran Emas, dan SPIL. Beberapa perusahaan pelayaran lain juga berminat menggunakan fasilitas tersebut.

Beberapa terminal yang dikelola oleh Pelindo III saat ini telah dilengkapi dengan shore power connection, di antaranya BJTI Port, Terminal Teluk Lamong, dan Pelabuhan Benoa Bali. Untuk layanan ini, Pelindo III menunjuk PT Legi sebagai operator pelaksananya. (hlz/hlz)


Komentar