Kamis, 14 November 2019 | 18:03 WIB

Visit our social media :
Home / Transportation / Shipping
Jumat, 15 Maret 2019 08:10

Dua Kapal Lagi Perkuat Rute Angkutan Peti Kemas ke Pelabuhan Teluk Bayur

Aidikar M. Saidi
Kapal peti kemas SPIL (spil.co.id)

PADANG -

Pelabuhan Teluk Bayur kembali diperkuat tambahan dua kapal peti kemas rute domestik, masing-masing satu kapal yang dioperasikan oleh PT ASDP dan satu kapal lagi dari PT Salam Pasific Indonesia Lines (SPIL).

Kapal Tol Laut yang dioperasikan PT ASDP yakni KM Kendhaga Nusantara 2 yang melayani rute Teluk Bayur - Sinabang - Gunung Sitoli – Sikakap dan kembali ke Teluk Bayur (perkiraan 9-10 hari).

Adapun satu kapal lagi merupakan tambahan armada dari SPIL yang akan melayani rute angkutan peti kemas domestik dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta ke Pelabuhan Teluk Bayur.

Penambahan kapal tersebut untuk mengumpulkan muatan dengan menyinggahi Pelabuhan Sibolga, Gunung Sitoli, Malahayati, dan Lhokseumawe.

"SPIL sudah mengajukan permintaan untuk kontrak windows menambah satu kapal lagi mulai April 2019," ungkap Kristianto Edi Sarjono, Manajer Area IPC Terminal Petikemas Pelabuhan Teluk Bayur, kepada Translogtoday, pekan ini.

Dia mengatakan kontrak windows untuk SPIL tinggal menunggu persetujuan dari General Manager PT Pelabuhan Indonesia II Cabang Teluk Bayur Armen Amir.

Kristianto mengatakan IPC TPK Teluk Bayur juga berusaha mendatangkan kapal direct call, sehingga mendapatkan pasar muatan transhipment dari pelabuhan terdekat di Sumatera bagian tengah, timur dan utara.

Berdasarkan data, throughput angkatan peti kemas di Teluk Bayur selama 2018 sudah mencapai 84.659 TEUs, meningkat sekitar 8% dibandingkan dengan tahun sebelumnya 78.369 TEUs.

Selain ASDP dan SPIL, beberapa perusahaan pelayaran yang membuka rute ke Teluk Bayur, antara lain Meratus, Tanto Intim, Tempuran Mas, dan B-Line. (hlz/hlz)


Komentar