Selasa, 25 Juni 2019 | 01:13 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Transportasi / Pelabuhan
Minggu, 14 April 2019 12:24

Pelindo I dan Panbil Group Bangun Terminal Penumpang Modern di Karimun

Aidikar M. Saidi

KARIMUN -

PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) menggandeng Panbil Group membangun terminal penumpang internasional dan terminal domestik modern di Tanjung Penegak, Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau.

Pembangunan proyek bernama Karimun Goldcoast itu merupakan tindak lanjut kesepakatan (MoU) antara Pelindo I dan Panbil Grup pada 2017, sesuai dengan hasil rapat kerja dengan Gubernur Kepri guna modernisasi terminal penumpang di Tanjung Balai Karimun (TBK),

General Manager Pelindo I Tanjung Balai Karimun Capt. Syahri Ramadana mengatakan, upaya Pelindo I merealisasikan terminal penumpang modern bertaraf internasional di Tanjung Penegak telah disepakati bersama Panbil Grup.

“Namun upaya merealisasikan terminal penumpang internasional dan domestik di Tanjung Penegak, Kecamatan Tebing, butuh waktu, antara lain untuk mengurus Rencana Induk Pelabuhan (RIP),” jelasnya di Tanjung Balai Karimun, pekan lalu.

Menurut Ramadana, Pemprov Kepri dan Pemkab TBK sangat mendukung proyek terminal modern tersebut. Apalagi, saat ini arus penumpang sudah mencapai 2.000 orang per hari, baik debarkasi maupun embarkasi, di Pelabuhan Tanjung Balai Karimun.

“Nantinya terminal baru bertaraf internasional di Tanjung Penegak bakal lebih bagus dibandingkan dengan Harbour Bay Batam,” kata Ramadana.

Saat ini, pembangunan proyek tersebut sudah dimulai. Proyek berlokasi di Tanjung Penegak, sekitar 2 km dari terminal penumpang TBK, dibangun di atas lahan seluas 5 hektare.

Tahap pertama pengembangan proyek Panbil Grup Karimun Goldcoast di Tanjung Penegak akan dimulai dengan pembangunan Terminal Ferry Internasional dan Domestik. 

Terminal kapal ferry itu akan dilengkapi dengan fasilitas modern, seperti pusat perbelanjaan, hotel, convention centre, apartemen, restoran, pertokoan dan perkantoran. (hlz/hlz)


Komentar