Sabtu, 16 November 2019 | 08:44 WIB

Visit our social media :
Home / Transportation / Airlines
Kamis, 16 Mei 2019 21:01

Maskapai Penerbangan Harus Turunkan Tarif Mulai 17 Mei!

Translog Today

JAKARTA - Maskapai penerbangan diminta segera menyesuaikan tarif paling lambat Jumat (17/5) atau 2 hari setelah Keputusan Menteri Perhubungan No. KM 106 tahun 2019 tentang Tarif Batas Atas Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri terbit.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Polana B. Pramesti mengatakan, KM 106 Tahun 2019 itu merupakan perubahan dari KM 72 Tahun 2019 dan telah ditandatangani Menhub Budi Karya Sumadi pada Rabu (15/5).

"Revisi ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian pemerintah terhadap aspirasi dari masyarakat, terutama menjelang pelaksanaan Angkutan Lebaran 2019, di sisi lain juga tetap memperhatikan keberlangsungan usaha industri penerbangan," katanya dalam keterangan pers, Kamis (16/5).

Dia menegaskan, Badan Usaha Angkutan Niaga Berjadwal harus segera melakukan penyesuaian paling lambat 2 hari sejak tetapkan KM 106 tersebut.

Peraturan baru itu akan dievaluasi secara berkala setiap 3 bulan dan sewaktu-waktu apabila terjadi perubahan signifikan akan dilakukan evaluasi.

Menurut Polana, penurunan Tarif Batas Atas (TBA) sebanyak 12%-16% sebagaimana ditetapkan pemerintah tetap mengedepankan faktor-faktor substansial, seperti keselamatan keamanan dan On Time Performance (OTP) sebagai prioritas

"Komponen biaya yang memberi kontribusi terhadap Penurunan TBA tersebut berasal dari efektifitas operasional pesawat udara di bandara sehingga terjadi efisiensi bahan bakar dan juga efisiensi jam operasi pesawat udara," jelasnya.
(hlz/hlz)


Komentar