Selasa, 22 Oktober 2019 | 20:30 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Regulasi / Maritim
Senin, 15 Juli 2019 10:44

Achmad Ridwan Raih Gelar Doktor Hukum Kepelabuhanan

Translog Today

BANDUNG - Pemerhati dan praktisi kepelabuhanan dan maritim, Achmad Ridwan Tentowi, berhasil meraih gelar Doktor Hukum dari Program Pascasarjana Universitas Pasundan, Bandung, Jawa Barat.

Achmad Ridwan mengangkat disertasi berjudul ‘Politik Hukum Kepelabuhanan Dikaitkan Dengan Akselerasi Perjanjian Fasilitasi Perdagangan Dalam Rangka Pembangunan Hukum Kemaritiman.'

Ujian Sidang Terbuka Promosi Mencapai gelar Doktor Ilmu Hukum berlangsung di Aula Program Pascasarjana Universitas Pasundan, Sabtu (13/7/2019).

Tim penguji menyatakan Dr. Drs. H. Achmad Ridwan Tentowi, SH, M, lulus dengan predikat cumlaude, setelah menjalani prodi tersebut selama tiga tahun.

Ujian Sidang Terbuka itu dipimpin oleh Ketua Sidang Prof. Dr.Ir.H. Eddy Jusuf, Sp, M.Si, M.kom, Kaprodi/Penelaah Prof.Dr.H.Romli Atmasasmita, SH.LLM.

Penelaah lainnya yang ikut menguji yakni Prof.Dr.H.M.Didi Turmudzi.M.Si; Dr.Anthon F Susanto SH.M.Hum, dan Dr.Siti Rodiah SH.MH.

Adapun sebagai Promotor yakni Prof.Dr.Djuhaendah Hasan.SH, dan Co Promotor Dr.Subarsyah, SH.S.Sos, Sp.i,MM.

Tim penguji memberikan apresiasi kepada Achmad Ridwan yang menulis berapa jurnal dan sudah terpublikasi secara luas, bukan hanya secara nasional tetapi juga regional.

Saat mempertanggungjawabkan disertasinya dalam sidang terbuka di hadapan para penguji, Achmad Ridwan nampak optimistis dan dapat meyakinkan argumentasinya.

"Pemerintah saat ini fokus program membangun industri kepelabuhanan dan memajukan kemaritiman, namun implementasinya masih ada kendala lantaran ada debirokratisasi dan deregulasi, sehingga tidak sinkron. Makanya butuh kemampuan politik dan kemampuan hukum untuk menyelesaikan hambatan yang ada," ujarnya.

Selain keluarga besar Achmad Ridwan, beberapa rekan dan pebisnis di Pelabuhan Tanjung Priok turut menghadiri sidang ujian terbuka itu untuk memberikan dukungan dan selamat.

Achmad Ridwan merupakan pemerhati dan praktisi kepelabuhanan, logistik dan kemaritiman (IMLOW), serta Sekjen Perkumpulan Ahli Keselamatan dan Keamanan Maritime Indonesia (AKKMI).
(hlz/hlz)


Komentar