Selasa, 22 Oktober 2019 | 21:56 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Logistik / Depo & Gudang
Kamis, 25 Juli 2019 09:40

Munas Aptesindo Pilih M. Roy Rayadi Ketua Umum 2019-2024

Translog Today
M. Roy Rayadi

MEDAN -

Musyawarah Nasional (Munas) ke-2 Asosiasi Pengusaha Tempat Penimbunan Sementara Peti Kemas Indonesia (Aptesindo) memilih secara aklamasi M. Roy Rayadi sebagai Ketua Umum Aptesindo periode 2019-2024.

Proses pemilihan berjalan secara demokratis dan musyawarah mufakat, yang terlebih dahulu meminta pandangan/masukan dari seluruh anggota Aptesindo yang hadir pada Munas yang diselenggarakan di Medan pada 24-26 Juli 2019.

Sebelum pemilihan, M. Roy Rayadi yang juga menjabat Direktur Eksekutif Tempat Pemeriksaan Fisik Terpadi (TPFT) PT Graha Segara itu menyampaikan laporan pertanggungjawaban (LPJ) kepengurusan periode 2014-2019.

Roy telah memimpin organisasi pengusaha pengusaha tempat penimbunan sementara (TPS) itu selama 1,5 tahun setelah Rakernas di Bandung, Jawa Barat, pada 15 September 2017.

Dia meneruskan kepemimpinan Reza Darmawan (Ketua Umum 2014-2019) yang mengundurkan diri sebelum masa jabatan berakhir. Sesuai dengan AD/ART organisasi, maka digelar Munas pada tahun ini.

munas aptesindo

Munas tersebut secara bulat menerima seluruh LPJ kepengurusan 2014-2019, dan menyampaikan agar M. Roy Rayadi melanjutkan kepemimpinannya sebagai Ketua Umum Aptesindo masa bhakti 5 tahun ke depan.

Munas juga membentuk dua komisi yakni komisi A untuk menyiapkan program kerja organisasi dan komisi B untuk menyempurnakan AD/ART.

Dalam paparannya, M. Roy Rayadi bertekad medorong organisasi Aptesindo agar bisa lebih berperan di kancah nasional dan regional melalui inovasi dan pengembangan bisnis.

Dia juga mengungkapkan telah menjalankan berbagai program kerja asosiasi, antara lain kesepakan dengan Jakarta International Container Terminal (JICT) perihal sharing kontribusi kegiatan pindah lokasi penumpukan (PLP) dari Terminal Peti Kemas ke TPS buffer anggota Aptesindo.

"Soal kesepakatan sharing kontribusi itu selanjutnya akan dibicarakan lagi dengan TPK Koja, NPCT-1 dan terminal Mustika Alam Lestari di pelabuhan Priok," ujarnya.

Roy mengatakan, kini semua fasilitas TPS anggota Aptesindo telah menerapkan autogate system atau gate otomatis pengeluaran dan pemasukan peti kemas, serta menjalin harmonisasi dengan instansi terkait di pelabuhan, antara lain Otoritas Pelabuhan, Bea dan Cukai, dan Badan Karantina.

Saat ini, Aptesindo mewadahi para pengusaha TPS dari PT Indonesia Air & Marine Supply (Airin), PT Transporindo Lima Perkasa, PT Agung Raya Warehouse, PT Multi Terminal Indonesia (MTI), PT Dharma Kartika Bhakti, PT Lautan Tirta Transportama, PT Berdikari Logistik, PT TPFT Graha Segara, dan PT Primanata Jasa Persada.

Selain itu, PT Wira Mitra Prima, PT Pesaka Loka Kirana, dan PT Koja Teramarine.
Munas ke-2 Aptesindo juga dihadiri para Pendiri dan Penasihat Aptesindo, antara lain Dr.Achmad Ridwan Tento (PT Transporindo Lima Perkasa), dan Suryantono (Mantan Dirut PT Airin).

Untuk menyusun kepengurusan Aptesindo 2019-2024, dibentuk tim formatur yang dipilih oleh seluruh peserta Munas yang sekaligus memilih Wakil Ketua Umum I, yakni Rudolf Valintino Bey (PT Airin), Wakil Ketua Umum II Ari Harahap (PT Transporindo Lima Perkasa), Sekjen Reza Darmawan (PT Primanata Jasa Persada), dan Bendahara Umum Ihsan Gani (PT Pesaka Loka Kirana).

Aptesindo merupakan perkumpulan pengusaha penyedia jasa depo peti kemas, pergudangan, lapangan penumpukan petikemas sebagai tempat penimbunan sementara transit barang atau peti kemas ekspor dan impor. (hlz/hlz)


Komentar