Selasa, 19 November 2019 | 17:58 WIB

Visit our social media :
Home / Transportation / Ports
Rabu, 21 Agustus 2019 16:04

IPC TPK Pelabuhan Panjang Tawarkan Rute Semarang dan Surabaya

Aidikar M. Saidi
Pelabuhan Panjang

JAKARTA - IPC TPK Pelabuhan Panjang menawarkan dan mengundang pelayaran domestik untuk membuka rute baru angkutan petikemas tujuan Semarang dan Surabaya.

"Rute ini diharapkan bisa memperkuat pengapalan direct call tiga pelayaran internasional yang mengoperasikan tiga kapal dalam seminggu ke Pelabuhan Panjang," ujar Suswatoro, Manager Area IPC TPK Pelabuhan Panjang kepada Translogtoday, pekan lalu.

Dia mengatakan pembukaan rute baru Pelabuhan Panjang (Bandar Lampung) - Pelabuhan Tanjung Emas (Semarang) dan Pelabuhan Tanjung Perak (Surabaya) itu sudah mendapatkan jaminan dari 5 cargo owner.

Sebelumnya, kata dia, sudah ada pertemuan dengan 5 cargo owner yang difasilitasi oleh IPC TPK dan menjamin muatan tersedia.

Namun Suswantoro tidak menyebutkan nama nama cargo owner yang bersedia menjamin muatan tersebut.

Menurut dia, pembukaan rute domestik Pelabuhan Panjang-Semarang-Surabaya itu diharapkan bisa connecting dengan kapal direct call CMA CGM, Sea Land dan MSC.

Dengan demikian, muatan ekspor impor dari Semarang dan Surabaya bisa dikapalkan melalui Pelabuhan Panjang.

Sementara itu, Country Manager Sealand, Joshua mengungkapkan, Sealand berkembang di Pelabuhan Panjang sejak pertama kali memasuki pasar pada 2009, saat masih dikenal sebagai MCC.

"Kami percaya bahwa layanan baru kami yang ditingkatkan yang menghubungkan Panjang secara langsung ke China, Korea Selatan dan Rusia akan memberikan pelanggan konektivitas baru dan akan mendukung perdagangan internasional tidak hanya untuk Provinsi Lampung," ungkapnya.

Dia optimistis rute ini mampu membawa lebih banyak ekspor dari Provinsi Lampung dan Sumatera Bagian Selatan.

"Dengan peningkatan sekitar 167% dalam ruang kapal dan 46% peningkatan dalam kapasitas reefer dan pengurangan hingga 69% dalam waktu transit," pungkasnya. (hlz/hlz)


Komentar